Rabu 04 Oct 2023 14:43 WIB

Selain T'Koes, Berikut Deretan Band Tribute Pelestari Lagu Koes Plus

Keluarga Koes Plus melarang T’Koes menyanyikan lagu-lagu tersebut.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pengunjung melakukan swafoto di stand memorabilia grup musik Koes Plus di Museum Musik Dunia. Selain TKoes, ada beberapa band tribute yang rajin menyanyikan lagu-lagu Koes Plus.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pengunjung melakukan swafoto di stand memorabilia grup musik Koes Plus di Museum Musik Dunia. Selain TKoes, ada beberapa band tribute yang rajin menyanyikan lagu-lagu Koes Plus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polemik antara grup musik T'Koes dengan pihak keluarga  personel band legendaris Koes Plus sempat menggemparkan publik. Keluarga Koes Plus melarang T'Koes menyanyikan lagu-lagu Koes Plus dengan berbagai alasan. 

Padahal, T'Koes merupakan tribute band alias band pelestari, yang artinya grup itu khusus mendedikasikan musiknya untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus. Ujung dari polemik, band T'Koes menyampaikan permintaan maaf dan tidak lagi membawakan lagu-lagu Koes Plus. 

Baca Juga

Bagaimana dengan band pelestari Koes Plus yang lain? Perwakilan keluarga besar Koes Plus menyatakan tidak ada larangan membawakan lagu-lagu Koes Plus untuk tribute band lainnya, asalkan memenuhi ketentuan soal royalti dan juga memiliki etika yang baik. 

Di Indonesia, ada banyak band pelestari Koes Plus, mengingat grup musik legendaris itu memang memiliki banyak penggemar. Koes Plus dibentuk pada 1968, lantas mengeluarkan album perdana di tahun 1969 dan berlanjut dengan ratusan karya lagu. 

Banyak di antaranya masih populer hingga saat ini, salah satunya berkat kiprah para band pelestari, yang jumlahnya tak sedikit. Berikut sejumlah tribute band Koes Plus yang berasal dari berbagai daerah dan konsisten melestarikan karya-karya Koes Plus:

1. Bplus Band

Dibentuk sejak 2000, Bplus Band beranggotakan empat personel yakni Pien, Heri, Mamen, dan Acil. Grup asal Jakarta ini konsisten membawakan lagu-lagu Koes Plus dan Koes Bersaudara dalam berbagai acara. Beberapa momen bahkan dihadiri langsung oleh personel Koes Plus semasa hidupnya. 

2. Hoss Band

Berasal dari Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Hoss Band melanggengkan memori emas masa kejayaan Koes Plus serta karya-karyanya di panggung. Band ini cukup populer dan kerap diundang ke berbagai acara besar. Hoss Band digawangi Genjor (vokal/gitar), Mandrawa (kibor), Winarso (bas), dan Gombloh (drum). 

Neo Jibles...lanjutkan membaca>> 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement