Selasa 26 Sep 2023 22:50 WIB

Larangan Nyanyi Lagu Koes Plus, T'Koes Janji tak akan Bawakan Lagu Band Itu Lagi

T'Koes menerima larangan menyanyikan lagu Koes Plus dari keluarga tanpa syarat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
T-Koes Band menggelar jumpa pers merespon video pelarangan untuk membawakan lagu-lagu karya Koes Plus di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).
Foto: Republika/ Umi Nur Fadhilah
T-Koes Band menggelar jumpa pers merespon video pelarangan untuk membawakan lagu-lagu karya Koes Plus di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah munculnya video keluarga Koes Plus yang berisi larangan menyanyikan lagu Koes Plus, band T'Koes memberikan tanggapannya. Manajer T'Koes Band, Wati, menjelaskan, setelah menerima video pelarangan tersebut, mereka langsung meresponsnya.

T'Koes mencoba menghubungi pihak keluarga Koes Plus, terutama Riko Muri, yang mewakili keluarga tersebut dalam video itu. T'Koes Band berusaha berkomunikasi melalui telepon dan WhatsApp untuk menjelaskan bahwa mereka menerima pelarangan tersebut tanpa syarat.

Baca Juga

T'Koes Band juga mengundang anggota keluarga Koes Plus, seperti Damon, untuk bertemu dan membahas situasi ini lebih lanjut. Namun, karena berbagai alasan, pertemuan tersebut tidak terwujud.

T'Koes kemudian menggelar pertemuan dengan media untuk secara terbuka menyatakan menerima pelarangan tersebut. T'Koes berjanji untuk tidak membawakan lagu-lagu Koes Plus lagi dalam penampilan mereka, termasuk di acara yang mereka gelar pada 23 September di Pekanbaru.

“Kami nyatakan kami menerima pelarangan itu dan berjanji untuk tidak membawakan lagu-lagu Koes Plus lagi, dan setiap penampilan,” kata Wati dalam jumpa pers "T'Koes, Antara Lagu Cover & Karya Sendiri" di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Konsultan dan kuasa hukum dari T'Koes, Marulam Hutauruk, juga menyatakan bahwa mereka telah mencoba menghubungi pihak Koes Plus untuk konsolidasi dan pertemuan yang baik-baik. T'Koes ingin menyelesaikan masalah ini dengan baik dan menghormati semua pihak. Marulam juga menegaskan bahwa kliennya telah berkomitmen untuk tidak membawakan lagu Koes Plus dan akan terus mematuhi pelarangan tersebut.

“T’Koes tetap respek kepada Koes Plus, kepada ahli warisnya respek juga, kepada semua pihak yang bisa memberikan ajaran, didikan,” ujar Marulam.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan pihak Koes Plus masih tidak menerima, Marulam menjelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk melakukan upaya hukum sesuai dengan yang berlaku di Indonesia. Namun, T'Koes Band akan tetap menghormati pelarangan tersebut dan berkomitmen untuk tidak membawakan lagu Koes Plus dalam penampilan mereka yang akan datang.

“Klien kami sudah sejak 23 September sudah tidak membawakan lagu Koes Plus, dan memang berkomitmen untuk ke depan, juga tidak membawa lagu Koes Plus,” kata Marulam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement