Selasa 26 Sep 2023 19:58 WIB

Dilarang Nyanyikan Lagu Koes Plus, T'Koes Duga Penyebabnya karena Hal Ini

Pendiri T'Koes menduga pelarangan ini bermula dari sebuah tayangan video.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
TKoes Band menggelar jumpa pers merespon video pelarangan untuk membawakan lagu-lagu karya Koes Plus di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).
Foto: Dok. Republika/Umi Nur Fadhilah
TKoes Band menggelar jumpa pers merespon video pelarangan untuk membawakan lagu-lagu karya Koes Plus di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri dan pemimpin dari T'Koes Band, Agusta, memberikan tanggapannya terkait video yang diterbitkan pada 23 September 2023 oleh anggota keluarga Koes Plus. Dalam video itu, anggota keluarga Koes Plus menyatakan bahwa mereka telah menerima mandat untuk melarang T'Koes Band membawakan karya cipta dari Koes Plus sejak tanggal tersebut.

Agusta menanggapi video tersebut dengan mengungkapkan bahwa T-Koes membawakan lagu-lagu Koes Plus sebagai bentuk apresiasi kepada para senior mereka. “Kami sampaikan bahwa tindakan menyanyikan lagu karya cipta Koes Plus di berbagai acara selama ini adalah suatu bentuk apresiasi dan hormat kami sebagai kelompok performer panggung junior kepada para seniornya,” kata Agusta dalam jumpa pers "T'KOES, Antara Lagu Cover & Karya Sendiri" di Dikota Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Mereka selalu menghormati dan menghargai karya-karya Koes Plus dan telah menjalankan konsep royalti yang sesuai dengan sistem hukum yang berlaku ketika tampil dalam berbagai acara. “T'Koes Band selalu menjalankan konsep royalti kepada pencipta sesuai dengan sistem dan/atau ketentuan hukum yang berlaku ketika perform di berbagai acara,” ujar Agusta.

Namun, Agusta mencurigai bahwa video pelarangan tersebut dipicu oleh tayangan video di Facebook miliknya yang melibatkan anggota T'Koes Band dalam obrolan santai dengan tokoh senior TNI. Dalam obrolan tersebut, seorang tokoh senior TNI berbicara tentang produktivitas dan pengabdian selama 36 tahun dalam TNI, lalu secara spontan mengeluarkan komentar terkait Koes Plus.

Tidak memiliki niatan mendiskreditkan...lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement