Rabu 23 Aug 2023 22:15 WIB

Gran Turismo, Film dari Kisah Nyata Gamer yang Sukses Jadi Pembalap Pro

Film Gran Turismo telah tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu (23/8/2023).

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Film Gran Turismo yang diangkat dari kisah nyata seorang gamer menjadi pembalap profesional, akan tayang di bioskop mulai 23 Agustus 2023.
Foto: Dok Sony Pictures
Film Gran Turismo yang diangkat dari kisah nyata seorang gamer menjadi pembalap profesional, akan tayang di bioskop mulai 23 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Gran Turismo yang diangkat dari kisah nyata seorang gamer menjadi pembalap profesional tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu (23/8/2023). Film yang fokus pada perjalanan hidup Jann Mardenborough ini berhasil disajikan dengan epik disertai aksi balapan yang sangat mendebarkan.

Film yang disutradarai Neill Blomkamp ini dimulai dengan presentasi Direktur Pemasaran Nissan, Danny Moore (diperankan Orlando Bloom), yang mengusulkan program GT Academy. Program ini dimaksudkan untuk merekrut pemain gim Gran Turismo berbakat, lalu dilatih untuk disiapkan menjadi pembalap mobil profesional dan bertanding di ajang balap global.

Baca Juga

Usul Danny itu dianggap menarik oleh petinggi Nissan di Jepang. Nissan kemudian menyetujui usul Danny dengan satu syarat: merekrut mekanik terbaik untuk melatih peserta GT Academy. Setelah ditolak puluhan mekanik, ia akhirnya bisa membujuk seorang mekanik yang merupakan mantan pembalap bernama Jack Salter (diperankan David Harbour).

Sementara itu, Jann Mardenborough yang memang bercita-cita menjadi pembalap profesional sejak kecil, sangat suka bermain gim Gran Turismo. Ia bahkan mampu mencetak rekor waktu tercepat di salah satu rek video gim tersebut. Namun demikian, apa yang dia lakukan kerap mendapat tentangan dari sang ayah. Bagi ayahnya, bermain gim hanyalah membuang waktu dan cita-cita Mardenborough sangat tidak realistis.

Kemudian suatu hari, dia mendapat kabar bahwa dirinya memenuhi syarat untuk mengikuti balapan kualifikasi untuk bergabung dengan GT Academy. Bagi Jann, akademi ini menjadi pertaruhan sekaligus ajang pembuktian bahwa dirinya mampu bertanding di sirkuit, bukan hanya video gim. Bersama Jack Salter, dan Danny Moore, Jann mempertaruhkan semuanya untuk menghadapi olahraga paling elit di dunia.

Berdurasi 135 menit, film Gran Turismo berhasil menyuguhkan drama sekaligus aksi-aksi mendebarkan selama di sirkuit balap global seperti di Dubai 24H hingga Le Man di Prancis. Yang menarik, pengadegan dari sirkuit ke sirkuit sepanjang film, memberikan point of view sebagai orang pertama ke penonton. Karenanya penonton bisa merasakan bagaimana sensasi ketika duduk di cockpit sebagai pembalap.

Film yang juga tayang di bioskop IMAX ini bisa memuaskan penonton dengan kualitas gambar yang detail dan skoring yang memperkuat cerita sepanjang film. Sejak trailer film ini diluncurkan, banyak orang yang percaya bahwa Gran Turismo bisa menjadi pesaing waralaba Fast and Furious, meskipun sejatinya dua film itu beda roots.

Film Gran Turismo balapan di arena balap, sementara Fast and Furious balapan liar. Namun bagaimanapun, film Gran Turismo memang sangat layak ditonton dan diapresiasi. Mendapatkan peringkat PG-13 oleh Motion Picture Association, film ini dibintangi oleh David Harbour, Orlando Bloom, Archie Madekwe, Darren Barnet, Geri Halliwell Horner, Djimon Hounsou dan lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement