Senin 31 Jul 2023 22:01 WIB

Film Superhero Bakal Banjiri Bioskop Tahun Depan, Mau Nonton yang Mana?

Pada tahun depan, diprediksi ada cukup banyak film superhero yang akan tayang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film superhero Justice League (ilustrasi). Film bergenre superhero diprediksi bakal tumbuh subur pada tahun depan.
Foto: HBO Max
Film superhero Justice League (ilustrasi). Film bergenre superhero diprediksi bakal tumbuh subur pada tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film bergenre superhero tampaknya akan tumbuh subur pada 2024. Mulai dari Marvel Cinematic Universe (MCU), DC Universe, dan Spider-Man Universe Sony, semuanya diprediksi akan mewarnai layar lebar pada 2024.

Ada delapan film superhero yang hampir sudah pasti dengan tanggal perilisannya. Sejak awal 2000-an, film superhero telah mendominasi pembuatan film waralaba Hollywood. Sementara waralaba seperti X-MenSpider-Man Sam Raimi, dan trilogi Dark Knight Christopher Nolan semuanya populer, namun Iron Man tahun 2008 yang memulai era modern sinema superhero.

Baca Juga

Kesuksesan MCU yang luar biasa menyebabkan banyak proyek dirilis setiap tahunnya oleh Marvel Studios. Disusul oleh Warner Bros dan percobaan dari DCEU Studio. Dikombinasikan dengan upaya Sony sendiri untuk menciptakan alam semesta superhero, sehingga sinema superhero dengan cepat menjadi genre yang paling melimpah dari tahun ke tahun.

Pada 2024, tampaknya akan melanjutkan rentetan itu dengan dirilisnya beberapa film superhero yang mungkin terbukti terlalu banyak untuk ditangani dalam satu tahun. Inilah delapan film superhero yang dirilis pada 2024.

1. Madame Web

Ditetapkan sebagai film besar keempat di Spider-Man Universe Sony, Madame Web diharapkan akan dirilis pada 12 Februari 2024.

2. Deadpool 3

Ini merupakan angsuran ketiga dalam waralaba Deadpool, tetapi yang pertama di MCU pada tahun depan, Deadpool 3 dijadwalkan rilis pada 3 Mei 2024.

3. Venom 2

 Sekuel Venom yang belum diberi judul akan dirilis pada 12 Juli 2024, dengan Sony mengumumkan tanggal rilis untuk pertama kalinya setelah berbagai tanggal rilis film Sony-Marvel diubah.

4. Captain America: Brave New World

 Film Captain America keempat diperkirakan akan dirilis sebagai film kedua MCU tahun 2024, dengan tanggal rilis saat ini ditetapkan pada 26 Juli 2024.

5. Kraven the Hunter

Awalnya dijadwalkan pada 6 Oktober 2023, Kraven the Hunter baru-baru ini ditunda oleh Sony dan sekarang akan dirilis pada 30 Agustus 2024.

 6. Joker: Folie à Deux

Film DC Elseworlds pertama yang dirilis sejak James Gunn dan Peter Safran menciptakan istilah untuk film live-action adalah Joker: Folie à Deux, dijadwalkan rilis pada 4 Oktober 2024.

 7. Film Sony/Marvel (tanpa judul)

Pada bulan Juni 2023, Sony mengonfirmasi film tanpa judul di Spider-Man Universe Sony mereka yang masih akan dirilis pada 8 November 2024.

8. Thunderbolts

Film superhero terakhir yang akan dirilis pada tahun 2024 adalah Thunderbolts dari Marvel Studios, yang saat ini memiliki tanggal rilis 20 Desember 2024.

Dengan argumen kebosanan pada superhero yang sering dilontarkan akhir-akhir ini, sulit membayangkan lebih dari delapan film superhero dirilis dalam setahun seperti pada 2024, meskipun pada 2019, ada 10 perilisan film superhero. Dimulai dengan MCU, 2019 adalah tahun yang besar bagi waralaba Disney.

Pada 2019 menjadi akhir dari Infinity Saga, dengan Captain MarvelAvengers: Endgame, dan Spider-Man: Far From Home, semuanya dirilis dengan sukses luar biasa. Banyak yang akan berpendapat bahwa tahun ini adalah tahun terakhir Marvel Studios dalam meraih kesuksesan dengan suara bulat, mengingat keadaan waralaba yang telah berubah sejak Multiverse Saga dimulai. 

Di samping tiga rilis Marvel Studios adalah rilis Marvel lainnya sebagai bagian dari waralaba X-Men yang memudar, X-Men: Dark Phoenix. Tidak termasuk rilis pada pertengahan Covid The New Mutants, Dark Phoenix melengkapi waralaba X-Men Fox dengan cara yang mengecewakan sebelum hak untuk tim tituler itu sepenuhnya dialihkan ke Disney.

DC juga melihat banyak kesuksesan pada 2019, merilis Joker yang hit bernilai miliaran dolar bersama Shazam! yang diterima dengan baik di departemen live-action. Rilis besar lainnya untuk DC pada 2019 adalah Teen Titans Go! Vs Teen Titans.

Selain rilis DC dan Marvel, tiga film superhero lainnya juga dirilis. Itu adalah HellboyGlass, dan Brightburn. Saat mempertimbangkan semua rilis ini, 2019 telah menjadi tahun terbesar untuk film superhero dalam waktu yang lama. Meskipun 2024 tidak akan melampaui 2019 dalam hal film superhero, ini masih sama dengan 2023 yang memiliki delapan rilis film superhero.

Banyaknya film superhero yang dirilis pada 2024 menimbulkan pertanyaan mengapa arus masuk seperti itu bisa terjadi. Salah satu alasan utama adalah pemogokan SAG-AFTRA dan WGA baru-baru ini. 

Pada Mei 2023, WGA mulai menyerang sebagai cara untuk mendapatkan kondisi kerja yang lebih adil dari studio-studio besar Hollywood. Beberapa bulan setelah ini, serikat SAG-AFTRA mengikutinya. Dengan pemogokan yang saat ini tidak menunjukkan tanda-tanda terselesaikan dengan cepat, Sony menjadi studio pertama yang mengubah jadwal rilisnya sebagai tanggapan atas pemogokan tersebut. Salah satu film yang terpengaruh adalah Kraven the Hunter. Demikian pula, Sony mengumumkan tanggal rilis Juli 2024 untuk Venom 3 bersamaan dengan penundaan ini.

Meskipun 2024 memegang rekor untuk film superhero terbanyak yang dirilis sejak 2019, rekor ini mungkin tidak bertahan lama. Baik MCU danSpider-Man Universe Sony tidak menunjukkan tanda-tanda melambat mengenai berapa banyak film yang akan mereka rilis, yang berarti pada 2025 dan seterusnya kita dapat melihat jumlah yang sama dari empat hingga enam film dirilis dari waralaba itu saja. 

Selain itu, DC Universe James Gunn secara resmi dimulai pada 2025 dengan dirilisnya Superman: Legacy, belum lagi The Batman-Part II menjadi rilis Elseworlds lainnya. Namun, peningkatan rilis film superhero yang tak terelakkan ini hanya dapat memperparah argumen tentang kebosanan superhero. Dengan film seperti Black Adam, Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Shazam! Fury of the Gods, dan The Flash semuanya meledak di box office pada 2022 dan 2023, argumen bahwa kebosanan superhero akhirnya muncul menjadi lebih sering.

Meski begitu, beberapa outlier seperti Black Panther: Wakanda Forever, Guardians of the Galaxy Vol. 3, dan Spider-Man: Across the Spider-Verse, semuanya tampil bagus di box office, membuktikan bahwa penonton hanya bosan dengan film superhero yang biasa-biasa saja bukan pada genre-nya secara keseluruhan.

Dengan demikian, jika film-film yang dirilis pada 2024 semuanya berkualitas baik, maka semua akan bisa melihat kesuksesan. Hal yang sama berlaku untuk film superhero mana pun yang dirilis setelah 2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement