Kamis 27 Jul 2023 22:27 WIB

Trilogi NKCTHI Segera Berakhir, Film Penutupnya Tayang di Netflix Mulai Hari Ini

Film HIAKC menjadi penutup sinema NKCTHI.

Rep: Rahma Sulsitya/ Red: Qommarria Rostanti
Para pemain dan tim produksi Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti (HIAKCN) dalam press screening di XXI Epicentrum Jakarta, Rabu (26/7/2023).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Para pemain dan tim produksi Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti (HIAKCN) dalam press screening di XXI Epicentrum Jakarta, Rabu (26/7/2023).

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti (HIAKCN) tayang di Netflix mulai hari ini, Kamis (27/7/2023). Ini menjadi penutup trilogi Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) 2020 dan Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang (JJJLP) 2023, akan menjelaskan kisah Angkasa dan ayahnya.

Baca Juga

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film yang berlatar tahun 1987 dan 2023 ini mempertemukan masa lalu dan masa kini. Ada benang merah dua laki-laki yang terikat hubungan darah, namun berbeda pandangan tentang hidup dan pernikahan.

Dalam dua film sebelumnya, tersaji eksplorasi para karakter dan bagaimana mereka berjuang menghadapi masalah hidup yang tidak ringan. HIAKCN terutama mengangkat perjuangan Narendra muda (Jourdy Pranata), Ajeng muda (Yunita Siregar), Angkasa (Rio Dewanto), dan Lika (Agra Artalidia) dengan pergulatan batinnya masing-masing.

 

Narendra muda menjalani hidup yang tak mudah, sementara Narendra tua (Donny Damara) berhadapan dengan hubungan keluarga yang rumit. Masa kecil Angkasa ditandai dengan trauma mendalam yang terus membayangi hingga ia beranjak dewasa, hingga mempengaruhi hubungan dengan istrinya, Lika.

“Sosok Angkasa ibaratnya ingin menggantikan sosok ayah dan dia yang akan bertanggung jawab akan adik-adiknya. Bebannya cukup berat,” ucap Rio dalam press screening HIAKCN di XXI Epicentrum Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Angkasa memiliki mimpi yang lebih besar, tapi punya adik yang sedang tumbuh dewasa dan dengan masalahnya masing-masing. Mau tak mau dia harus ikut terlibat. Setelah itu dia memutuskan pindah ke Bali untuk punya hidup baru, walau tiba-tiba dia juga menghadapi masalah.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko mengatakan di film pertama, Angkasa menunjukkan apa yang dia rasakan. Di film kedua pergi ke London, dan film ketiga ini Angkasa memutuskan untuk menikah dan pindah ke Bali.

“Itu adalah proses tumbuhnya. Pendekatan ini berlaku untuk semua karakter dan berkaitan dengan proses hidup, bagaimana seseorang bereaksi dan merespons situasi,” ucap Angga dalam kesempatan yang sama.

Kehidupan para karakter dalam HIAKCN yang tengah menghadapi masalah pelik, digambarkan dengan apik oleh para pemerannya. Karena dunia NKCTHI ini memang lekat dengan berbagai karakter dan kisah yang kompleks dalam sebuah keluarga.

Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti menutup dengan manis dunia NKCTHI dan menghadirkan perjalanan serta perjuangan hidup berbagai karakternya. Angga juga menyampaikan perasaan leganya setelah menyelesaikan trilogi NKCTHI ini. 

“Saya sangat senang bisa bekerja dengan orang-orang yang sama-sama punya passion terhadap ceritanya, mencintai proyeknya, dan akhirnya menyelesaikan trilogi beserta dua spin-off yang mulai besok tersedia lengkap di Netflix,” ujar dia, yang menganggap semua yang terlibat dalam dunia NKCTHI sudah seperti keluarga.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement