Senin 03 Jul 2023 14:41 WIB

Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Pakai AC Sentral, Bikin Tagihan Listrik Bengkak

Jangan sengaja menutup terlalu banyak ventilasi di rumah Anda.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
AC sentral (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan orang-orang terhadap AC.
Foto: www.freepik.com
AC sentral (ilustrasi). Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan orang-orang terhadap AC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim panas telah dimulai, terkadang suhu menjadi ekstrem. Di tengah cuaca panas, memiliki sistem AC sentral di rumah bisa menjadi berkah yang berbeda dari yang lain.

Yang perlu diperhatikan, ada beberapa kesalahan umum yang dapat membuat opsi pendinginan yang mahal ini menjadi lebih mahal dan kurang efisien. Untuk menghindari konsekuensi ini, ketahui lima hal yang tidak boleh Anda lakukan saat Anda gunakan AC sentral:

Baca Juga

1. Tidak membersihkan filter

Pakar HVAC dan wakil presiden kinerja gedung di Ryan A Jones & Associates, Marco Radocaj, mengatakan, seberapa baik sistem AC sentral Anda dapat bekerja semuanya bermuara pada kebersihan filter udara Anda. Itu sebabnya dia mengatakan, Anda tidak boleh membiarkan filter Anda tidak dibersihkan terlalu lama.

 

"Jika filter Anda kotor, lebih sedikit udara dari tempat tinggal Anda yang kembali ke sistem," ujarnya seperti dilansir laman Best Life, Senin (3/7/2023).

Menurut dia, penumpukan tekanan pada filter yang kotor akan menghasilkan peningkatan udara tanpa pendingin. "Udara tanpa penyejuk ini memiliki suhu dan kelembapan yang lebih tinggi, yang tidak hanya berdampak pada udara yang kembali ke luar angkasa, tetapi juga membutuhkan lebih banyak energi untuk mengondisikannya," kata dia.

2. Mengatur suhu yang sangat rendah

Roy Neely, pakar HVAC virtual untuk layanan pemeliharaan rumah berbasis teknologi frontdoor mengatakan dengan cuaca yang lebih panas, Anda mungkin tergoda untuk menurunkan termostat sejauh mungkin. Tapi, jangan terlalu ekstrem hanya karena panasnya musim panas.

"Menyetel termostat terlalu rendah memaksa sistem untuk bekerja lebih keras dari yang diperlukan sehingga meningkatkan konsumsi energi dan tagihan utilitas yang lebih tinggi," ujar Neely.

3. Sesuaikan termostat secara konstan

Neely mengatakan, Anda juga tidak boleh terlalu sering mengganti termostat. "Penyesuaian yang sering mengganggu kemampuan sistem untuk mempertahankan suhu yang konsisten," katanya. Dengan melakukan itu, Anda akan membuat sistem udara pusat Anda bekerja lebih keras dan akibatnya kurang efisien.

4. Menghalangi ventilasi udara

Lihatlah ventilasi udara Anda. Apakah Anda memiliki furnitur, gorden, atau benda lain di atas atau di depannya? "Jika demikian, segera pindahkan item," kata John Jordan, seorang profesional HVAC berpengalaman dan presiden Integrity Heating & Cooling.

Hindari memblokir atau menghalangi ventilasi udara di rumah Anda. "Ini dapat membatasi aliran udara, mengurangi efisiensi pendinginan, dan membebani sistem Anda," ujarnya.

Glenn Wiseman, pakar HVAC dan manajer penjualan di perusahaan pemeliharaan rumah Top Hat Home Comfort Services mengatakan, jangan sengaja menutup terlalu banyak ventilasi di rumah Anda. "Ini dapat mengisolasi lantai tertentu dari aliran udara dan menyebabkan sistem HVAC Anda bekerja lebih keras untuk mendistribusikan kembali udara," kata Wiseman.

Jika Anda menutup ventilasi tertentu, pastikan masih ada aliran udara ke ruangan dari ventilasi lain dan biarkan tertutup untuk waktu yang singkat.

5. Membiarkan pintu dan jendela Anda terbuka

Jika Anda berpikir untuk membawa angin sepoi-sepoi dari luar untuk melakukan tugas ganda dengan sistem pendingin Anda, pikirkan lagi. "Menjaga pintu dan jendela tetap terbuka saat menjalankan udara sentral akan membuang energi dan membiarkan udara hangat dari luar masuk," kata Jeff Palla, pakar pemeliharaan rumah dan presiden Mr Handyman.

Faktanya, Anda mungkin akan membuat rumah Anda lebih panas. "Ini membuat sistem bekerja lebih keras dan menghasilkan pendinginan yang tidak efisien. Tutup pintu dan jendela untuk memaksimalkan efisiensi pendinginan sistem udara sentral Anda," ujar dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement