Selasa 20 Jun 2023 22:27 WIB

Tidur Tanpa AC Disebut Banyak Manfaatnya, Apa Saja?

Jika mengalami nyeri sendi atau otot, alangkah baiknya tak menggunakan AC saat tidur.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
AC di dalam kamar tidur (ilustrasi). Ada pendapat yang mengatakan bahwa mematikan AC mendatangkan sejumlah manfaat.
Foto: www.freepik.com
AC di dalam kamar tidur (ilustrasi). Ada pendapat yang mengatakan bahwa mematikan AC mendatangkan sejumlah manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda tidur dalam kondisi AC terus menyala sepanjang malam? Atau termasuk orang yang harus mematikan AC saat tidur?

Alasan orang kerap menghidupkan AC sepanjang malam agar suhu di kamar tidur menjadi sejuk sehingga membuat tidur menjadi nyenyak. Namun dilansir laman Homes and Gardens pada Selasa (20/6/2023), tidur dengan AC yang menyala dianggap bisa membahayakan kesehatan. Adanya suhu dingin justru dinilai bisa membuat kualitas tidur menjadi buruk dan juga harus mengeluarkan kocek lebih untuk biaya listrik.

Baca Juga

Berikut ini manfaat yang didapat jika Anda mematikan AC ketika tidur:

1. Membuat kualitas tidur lebih baik 

 

Tidak bisa dipungkiri, suhu tidak selalu stabil. Kadang terlalu panas, kadang terlalu dingin. Ketika dingin mungkin Anda bisa mengurangi pemakaian AC dan menggunakan selimut atau jaket tebal, namun ketika panas tidak mungkin menggunakan alat itu semua. Sebagai gantinya, Anda menggunakan AC ketika tidur.

Anda mungkin terpikir untuk menggunakan kipas listrik yang watt listriknya jauh lebih kecil dan suhu yang dihasilkan juga relatif rendah dibandingkan AC. Namun sama saja, kipas listrik juga memberi dampak negatif karena kipas listrik bisa menyebarkan tungau debu, spora, dan serbuk lain. Ini sangat berbahaya untuk orang orang yang memiliki alergi.

2. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

Jika Anda mengalami nyeri sendi atau otot, alangkah baiknya tidak menggunakan AC ketika tidur. Udara yang dingin yang suhunya tinggi bisa membuat otot tegang dan keram yang pasti bisa membuat anda lebih sakit dan nyeri. Mungkin kamu pernah merasa leher keram atau sakit saat tidur, itu bisa jadi salah satu penyakit yang disebabkan karena penggunaan ac atau kipas listrik.

3. Menghemat biaya

AC termasuk salah satu peralatan yang paling banyak mengonsumsi energi di rumah. Maka dari itu, dengan cara mematikan AC dapat mengurangi biaya listrik di rumah. Selain menghemat biaya, Anda bisa balik lagi ke poin satu dan dua menjadikan tubuh lebih sehat.

Cara lain supaya tidur tetap terasa sejuk tanpa menggunakan AC yaitu dengan cara memfasilitasi tidur dengan alat alat yang bagus dan premium, misalnya mengganti kasur dan sprei yang berkualitas bagus. Atau Anda bisa tetap menggunakan AC, namun suhu harus pas pada suhu 18,3 derajat Celsius. 

Jangan pernah sesekali Anda menyalakan AC dengan tujuan supaya ruangan dingin, lalu setelah dingin Anda matikan penggunaannya. Apalagi jika tindakan tersebut dilakukan cukup sering, karena dapat membuat unit AC menjadi lebih cepat. Selain itu juga tagihan listrik akan melonjak. Sebenarnya bukan tidak boleh menggunakan AC saat tidur, tapi alangkah baiknya Anda mengetahui kapan AC harus dipergunakan dan dimatikan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement