Jumat 30 Jun 2023 17:18 WIB

Kesalahan yang Bikin Rumah Terasa Panas, Mulai Sekarang Sebaiknya Dihindari

Siapa yang baru tahu bahwa pemilihan warna cat memengaruhi suhu di dalam rumah?

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Kipas angin. Ada beberapa kesalahan penghuni rumah yang membuat rumah terasa panas. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Kipas angin. Ada beberapa kesalahan penghuni rumah yang membuat rumah terasa panas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca ekstrem belakangan ini melanda berbagai negara di penjuru dunia. Ketika suhu sedang melonjak, tetap berada di rumah sepertinya menjadi salah satu pilihan terbaik jika tak ada urusan mendesak di luar ruangan. 

Namun apa jadinya jika di rumah tetap terasa panas? Kira-kira apa yang menjdi penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini:

Baca Juga

1.  Memilih warna cat yang salah 

Warna cat sangat memengaruhi agar rumah terlihat mewah dan keren. Dilansir laman Best Life, Jumat (30/6/2023), pakar rumah dan pendiri Paints Acrylic, Goodell David,  menyarankan pemilik rumah untuk menghindari pemilihan warna gelap.

 

"Mereka menyerap lebih banyak panas dibandingkan warna terang, jadi mengecat rumah Anda dengan warna gelap bisa membuatnya lebih panas di dalamnya," ujarnya.

Sebaliknya, David merekomendasikan untuk menggunakan warna yang lebih terang atau lebih reflektif untuk bagian luar rumah seperti putih, krem, atau abu-abu. "Ini akan membantu memantulkan sinar matahari dan menjaga rumah Anda lebih sejuk," katanya.

2. Menggunakan peralatan penghasil panas selama jam sibuk

Setiap hari, banyak aktifitas yang Anda akukan di rumah. Banyak alat yang menghasilkan panas saat digunakan. Untuk itu, sebaiknya Anda membuat jadwal pemakaian alat tersebut karena perlatan tersebut berdampak pada efek panas yang ada di dalam rumah.

3. Jangan biarkan terik matahari banyak masuk ke rumah

Sinar matahari sangat baik bagi kesehatan apalagi saat pagi hari. Tidak sedikit orang memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan pada siang hari. Tapi hati-hati, jangan sampai sinar matahari terlalu banyak masuk ke rumah.

Pemilik Bringer Appliance Repair, Dave Bringer, mengatakan, sinar matahari yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan yang panas untuk rumah. Untuk menghindarinya, Bringer merekomendasikan penggunaan tirai dan kerai untuk menghalangi sinar matahari. "Ketika Anda perlu membiarkan sinar matahari masuk, itu tetap harus dibatasi," kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement