Sabtu 24 Jun 2023 18:35 WIB

Makan di Pesawat Mending Pilih Menu Ayam atau Ikan? Pramugari Beri Jawaban Ini

Penumpang disarankan tidak memesan teh atau kopi yang diseduh selama di pesawat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan di pesawat (ilustrasi). Pramugari memberikan jawaban mengenai menu makanan yang lebih baik di pesawat antara ayam atau ikan.
Foto: flickr
Makanan di pesawat (ilustrasi). Pramugari memberikan jawaban mengenai menu makanan yang lebih baik di pesawat antara ayam atau ikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian penerbangan memberikan fasilitas makan dan minum bagi penumpang selama di pesawat. Tak jarang, penumpang dipersilakan memilih antara menu yang tersedia antara ayam atau ikan. 

Bahasan itu juga menjadi topik sebuah utas di Reddit, di mana para anggota awak kabin mendapat beragam pertanyaan tentang perjalanan udara. Seorang pramugari memberikan pendapatnya mengenai pilihan antara hidangan ayam dan ikan.

Baca Juga

"Ayam. (Hidangan) ikan di pesawat terbang bukan pilihan yang bagus," ujar seorang pramugari, seperti dikutip dari laman Mirror, Sabtu (24/6/2023). Tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang jawaban itu, tapi sang pramugari memperingatkan untuk menghindarinya.

Awak kabin juga merekomendasikan untuk tidak memesan minuman teh atau kopi yang diseduh selama di penerbangan. Alasannya, minuman tersebut disajikan dengan air yang berasal dari tangki air portabel dan membersihkan tangki itu cukup sulit.

Artinya, ada kemungkinan higienitas tangki tidak terjamin karena tidak dibersihkan secara menyeluruh. Tentu saja, terkadang pilihan makanan dan minuman berada di luar kendali penumpang, apalagi jika opsi lainnya sudah habis.

Supaya bisa menghindari itu, seorang pekerja maskapai membagikan kiat mendapat kursi terbaik di kelas ekonomi. Calon penumpang bisa melakukan cara itu untuk kenyamanan maksimal serta mendapat pilihan makanan dan minuman terbaik.

Kamila Jakubjakova yang sudah menjadi pramugari selama lebih dari tiga tahun, menyarankan memesan kursi yang posisinya sedekat mungkin dengan bagian depan kabin. Turbulensi di area kursi depan cenderung kurang terasa dibandingkan kursi di bagian ekor pesawat.

Selain itu, penumpang akan merasakan manfaatnya saat memesan makanan dan minuman. Jakubjakova mengatakan, pelayanan makanan biasanya dimulai dari bagian depan pesawat, jadi penumpang yang duduk di baris pertama pesawat akan mendapatkan kesempatan memesan makanan terlebih dahulu.

"Duduk di baris depan juga berarti Anda lebih mungkin untuk mendapatkan pilihan makanan yang diinginkan jika memang tersedia dua pilihan menu," kata Jakubjakova.

Untuk minuman, Jakubjakova menyarankan membawa bekal air sendiri atau memesan minuman dalam botol kemasan. Alasan Jakubjakova sama dengan rekannya yang lain, yakni tangki air jarang dibersihkan karena keterbatasan waktu.

Akan tetapi, bukan berarti air di pesawat beracun atau menyebabkan penyakit tertentu. Selama menjadi pramugari, Jakubjakova minum banyak cangkir teh dan kopi di pesawat ketika membutuhkan dorongan kafein, misalnya untuk begadang di penerbangan malam.

Hingga kini, dia merasa tidak pernah mengalami masalah kesehatan apa pun. "Meskipun kualitas air pesawat jelas bukan yang terbaik, tetap harus mengikuti standar kebersihan dan sanitasi," kata Jakubjakova.

Pikir dua kali... lanjutkan membaca>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement