Jumat 30 Jun 2023 17:00 WIB

Tips Mudah Bedakan Daging Kambing dan Sapi, Ini Caranya

Sebagian orang mungkin kesulitan membedakan daging sapi dan kambing.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Daging (ilustrasi). Ada beberapa tips mudah untuk membedakan daging sapi dan kambing.
Foto: Pxfuel
Daging (ilustrasi). Ada beberapa tips mudah untuk membedakan daging sapi dan kambing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daging kambing dan sapi menjadi jenis yang paling umum dijumpai pada momen Idul Adha di Indonesia. Keduanya juga termasuk daging yang mudah dijadikan beragam hidangan.

Bagi pencinta daging, mudah mengetahui perbedaan antara daging kambing dan sapi. Namun bagi orang yang bukan penggemar daging, boleh jadi masih sulit membedakan di antara keduanya.

Baca Juga

Perbedaan utama antara daging kambing dan daging sapi adalah dari hewan asalnya. Daging kambing adalah daging yang diperoleh dari domba, kambing, dan domba jantan. Sementara daging sapi didapatkan dari sapi, kerbau, dan lembu jantan.

Selain perbedaan antara daging kambing dan daging sapi, ada kesamaan antara keduanya. Itu diklasifikasikan sebagai daging merah dan warnanya juga lebih gelap.

 

Berikut ada beberapa trik mudah untuk membantu mengenali perbedaan antara daging kambing dan sapi, seperti dilansir laman Healthwire, Jumat (30/6/2023):

1. Lapisan putih

Kebanyakan orang mengetahui perbedaan antara daging kambing dan sapi dari rasanya. Artinya, baru mengetahui kalai daging tersebut sudah dimasak. Padahal ada tanda yang bisa dilihat untuk membedakan kedua daging. Terdapat garis lemak putih pada daging sapi, sementara kambing tidak memiliki lapisan putih.

2. Jumlah daging

Jika membeli atau menerima kurban misalnya, daging sapi dan kambing dalam jumlah yang sama seperti satu kilogram keduanya, maka biasanya jumlah daging kambing akan lebih sedikit daripada daging sapi.

3. Bau lebih kuat

Jika Anda menaruh beberapa potong daging kambing di dalam ruangan, umumnya baunya lebih kuat. Namun tidak demikian halnya dengan daging sapi. Aroma daging kambing, terutama daging domba, jauh lebih kuat dari daging sapi atau kerbau.

4. Daging sapi lebih kenyal

Daging kambing lebih empuk dibandingkan daging merah lainnya dan juga mudah dikunyah serta ditelan. Sementara daging sapi lebih kenyal dan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditelan dibandingkan daging kambing.

Apakah warna daging sapi sama dengan kambing?

Ya, daging sapi dan kambing memiliki warna yang sama tetapi berbeda dalam nilai gizinya dan pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.

Daging mana yang lebih sehat ?

Daging kambing dan daging sapi merupakan pilihan efektif dan sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, daging kambing bisa lebih bermanfaat bagi orang yang tidak bisa mencerna daging sapi dengan mudah.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement