Ahad 25 Jun 2023 09:20 WIB

'Pesta Daging' Saat Qurban, Ini Cara Terbaik Mengolah Daging Agar tak Bahayakan Kesehatan

Penting bagi masyarakat memperhatikan cara memasak daging agar lezat dan tetap sehat.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Membakar sate saat Hari Qurban (ilustrasi). Penting untuk memperhatikan cara mengolah daging saat Idul Adha agar tak hanya lezat tapi juga tetap sehat.
Foto: Republika/ Wihdan
Membakar sate saat Hari Qurban (ilustrasi). Penting untuk memperhatikan cara mengolah daging saat Idul Adha agar tak hanya lezat tapi juga tetap sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Adha di Indonesia "dirayakan" selama dua hari. Pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis (29/6/2023), sementara Muhammadiyah akan memperingati Idul Adha pada Rabu (28/6/2023).

Selama dua hari tersebut, diperkirakan masyarakat akan "pesta daging" layaknya momen Idul Adha pada tahun-tahun sebelumnya. Namun hati-hati ya, mengonsumsi terlalu banyak daging bisa berisiko bagi kesehatan. Untuk itu, penting bagi masyarakat memperhatikan cara memasak daging agar tak hanya lezat tapi juga mengurangi dampak negatif bagi kesehatan. 

Baca Juga

Bagaimana sih cara mengolah daging sapi dan kambing yang tepat? Dokter spesialis gizi klinik dr Diana F Suganda mengatakan, Anda dapat memilih bagian daging sapi dan kambing yang rendah lemak. Jika memang terdapat lemak, bisa sisihkan dan buang bagian lemaknya agar tubuh tidak terlalu banyak menyerap lemak jenuh.

"Untuk cara memasaknya, hindari masakan yang dicampur santan seperti gulai, rendang, karena akan menambah kadar lemak yang tinggi," kata dia kepada Republika.co.id, Jumat (24/6/2023).

Menurut dia, alangkah baiknya jika daging diolah menjadi sup bening, sate-satean, tumis, dan bumbu kecap. "Jauhi cara memasak digoreng, menggunakan santan, dan menggunakan terlalu banyak minyak," kata dr Diana.

Memperbanyak sayuran saat mengkonsumsi daging juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi lemak jenuh karena sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. Makanan yang tinggi serat akan menghambat penyerapan lemak yang tidak baik untuk kesehatan. 

Nah kira-kira begitulah cara terbaik dalam mengolah daging untuk kesehatan. Jadi, sudah tahu nanti Hari Qurban mau masak apa?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement