Ahad 02 Jul 2023 12:37 WIB

Produk-Produk Ini Biasanya Mengandung Aspartam, Pemanis Buatan yang WHO Duga Picu Kanker

WHO dikabarkan akan merilis temuan soal keamanan aspartam pada 14 Juli.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pemanis buatan pengganti gula. Aspartam merupakan pemanis buatan yang terdapat dalam produk pengganti gula, seperti yang dipasarkan dengan merek Equal dan Nutrasweet.
Foto:

Hal itulah yang membuat aspartam menjadi pengganti gula yang populer untuk makanan pengidap diabetes. Produsen juga telah menggunakan aspartam dalam makanan ringan, bumbu dan minuman rendah gula, dan produk bebas gula di tengah penelitian yang mengaitkan konsumsi gula berlebih dengan berbagai jenis kanker.

Ada beberapa makanan dan minuman umum yang mengandung aspartam. Produknya termasuk populer di masyarakat, misalnya soda tanpa gula atau diet (termasuk Diet Coke), permen karet bebas gula (seperti permen karet Trident), campuran minuman diet (termasuk Crystal Light), bumbu rendah gula (seperti Log Cabin Sugar Free Syrup), gelatin bebas gula (seperti Jell-O bebas gula), dan  pemanis untuk ditaruh di atas meja dijual dengan nama merek (termasuk Equal dan Nutrasweet).

Baik Coca Cola, pembuat Diet Coke, maupun produsen makanan lain yang mengandung aspartam tidak segera membalas permintaan komentar. Yang pasti, pemanis khusus yang digunakan dalam produk rendah gula bervariasi, dan perusahaan terkadang mengganti bahannya.

Untuk mendapatkan informasi yang paling akurat, konsumen harus memeriksa daftar bahan pada tiap produk. Dengan begitu, konsumen dapat memastikan apakah produk yang akan dibeli mengandung aspartam atau tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement