Selasa 04 Apr 2023 16:11 WIB

Leonardo DiCaprio Jadi Saksi Kasus Pencucian Uang Penyandang Dana Film Wolf of Wall Street

Penyandang dana film Wolf of Wall Street tersangkut kasus pencucian uang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Leonardo DiCaprio. DiCaprio menjadi saksi terkait hubungannya dengan Jho Low, salah satu penyandang dana utama film Wolf of Wall Street (2013).
Foto: EPA
Aktor Leonardo DiCaprio. DiCaprio menjadi saksi terkait hubungannya dengan Jho Low, salah satu penyandang dana utama film Wolf of Wall Street (2013).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leonardo DiCaprio memberikan kesaksian di pengadilan federal Amerika Serikat dalam kasus pencucian uang dan suap internasional. DiCaprio menjadi saksi terkait hubungannya dengan Jho Low, salah satu penyandang dana utama film Wolf of Wall Street (2013).

Jho Low, yang juga dikenal sebagai Low Taek Jho, dituduh mencuri miliaran dolar AS dari perusahaan investasi Malaysia. Prakazrel "Pras" Michel dituduh menyalurkan uang untuk Jho Low ke dalam kampanye pemilihan Barack Obama pada tahun 2012.

Baca Juga

Leonardo DiCaprio tidak menghadapi dakwaan apapun. Dalam kesaksiannya di pengadilan federal, Senin, DiCaprio mengatakan bahwa dia dan Jho Low berteman setelah bertemu di sebuah pesta ulang tahun pada 2010.

"Saya memahami dia sebagai seorang pengusaha besar dengan banyak koneksi di Abu Dhabi dan Malaysia," kata DiCaprio, seperti dilansir Fox News, Selasa (4/4/2023).

 

Aktor Titanic ini menjelaskan bahwa ia telah bertemu dengan Michel pada tahun 1990-an saat berada di belakang panggung konser The Fugees. Michel memang dikenal sebagai pendiri grup hip-hop tahun 1990-an tersebut.

Menurut dakwaan, Michel pada dasarnya menjadi perantara penyelundupan uang jutaan dolar AS yang dilakukan Low dan upayanya untuk memengaruhi pemerintah AS. Jaksa menuduh bahwa dari bulan Juni hingga November 2012, Low mengarahkan lebih dari 21,6 juta dolar AS untuk dipindahkan dari entitas asing ke rekening Michel dan menyalurkan dana ke dalam pemilihan presiden tahun 2012.

Menurut dakwaan tersebut, Michel kemudian membayar sekitar 20 penyumbang dan penyalur agar mereka dapat memberikan sumbangan atas nama mereka dan menyembunyikan asal-usul dana tersebut. Low menjadi kontributor tetap untuk yayasan amal DiCaprio.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement