Selasa 14 Mar 2023 21:02 WIB

Kerap Diabaikan, Keluhan Ini Ternyata Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas termasuk salah satu bentuk penyakit paling mematikan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Menimbang berat badan (ilustrasi). Penurunan berat badan adalah gejala khas dari berbagai jenis kanker. Jika dikaitkan dengan kanker pankreas, awalnya mungkin terlihat ketika seseorang tidak berusaha menurunkan berat badan dan makan normal namun bobot malah turun.
Foto:

7. Perubahan kebiasaan buang air besar

Penderita kanker pankreas sering memiliki masalah terkait kebiasaan buang air besar, seperti diare atau sembelit. Jones menyebut pula steatorrhea, yakni ketika ada lemak di tinja yang membuatnya berwarna kekuningan. Kondisi itu perlu segera dilaporkan agar membantu proses diagnosis.

8. Diagnosis diabetes

Waspadalah jika baru didiagnosis mengidap diabetes, atau ketika penyakit diabetes yang biasanya terkontrol dengan baik menjadi tidak bisa ditangani. Ada kemungkinan Anda mengidap kanker pankreas karena kanker dapat menghentikan produksi insulin yang cukup dari pankreas.

9. Pembekuan darah

Penggumpalan atau pembukaan darah adalah gejala yang dapat mengarah pada adanya masalah kesehatan mendasar. Meski merupakan gejala kanker yang tidak biasa, sebagian penderita bisa mengalaminya di samping merasakan gejala lain, seperti sesak napas atau kaki bengkak.

10. Kelelahan

Merasa lelah adalah bagian normal dari kehidupan sehari-hari dan bisa menjadi gejala dari banyak hal. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi tanda kanker pankreas.

Terutama, jika sudah cukup istirahat namun merasa lelah terus-menerus dan tidak dapat mengisi ulang energi. Gejala lain yang mungkin diabaikan adalah mual, demam, menggigil, tidak enak badan, kesulitan menelan makanan, serta gangguan kecemasan dan depresi.

Anjuran dari Jones adalah mencermati gabungan sejumlah gejala dan kondisi tubuh secara keseluruhan, dikutip dari laman The Sun, Selasa (14/3/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement