Senin 13 Mar 2023 20:35 WIB

Satu Lagi Efek Negatif Vape: Dapat Sebabkan Penuaan Dini

Banyak penelitian telah mengungkap risiko vaping bagi kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka varian cairan rokok elektrik (vape). Ada sejumlah bahaya tersembunyi yang mengintai pengguna vape, termasuk penuaan dini dan jerawatan.
Foto:

2. Kulit kering dan radang

Phommachanh mengatakan dengan penuaan dini, kulit menjadi kering dan terkelupas. Ini terjadi akibat paparan propilen glikol, bahan kimia yang menonjol dalam rokok elektrik.

"Menghirup bahan kimia ini dapat mengeringkan kulit Anda karena menyerap air dari tubuh dan kulit Anda, menghilangkan hidrasi esensial dan mengakibatkan kulit terkelupas," jelas Phommachanh.

Mereka yang memiliki masalah kulit kering, kondisinya akan semakin buruk dengan vaping. Bahkan, bisa menyebabkan gatal dan bercak.

Menurut Phommachanh, vape juga mengandung banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. "Semakin banyak peradangan, semakin tinggi kemungkinan kulit Anda memproduksi melanin, bintik hitam atau perubahan warna pada kulit Anda," paparnya.

Semua hal itu dapat menyebabkan kulit tidak sehat. Menurut Phommachanh, inilah alasan sangat penting untuk mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang bermanfaat.

3. Jerawat

Phommachanh menjelaskan hasil umum dari kulit kering dan bersisik adalah jerawat. Saat kulit Anda menjadi kering, kelenjar di bawahnya menghasilkan lebih banyak sebum untuk menangkalnya, yaitu zat berminyak yang menyumbat pori-pori dan menahan kotoran serta kulit mati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement