Selasa 14 Feb 2023 00:45 WIB

Payudara dan Puting Terasa Gatal, Ini Dia Biang Keladinya

Ada beberapa faktor pemicu payudara dan puting gatal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu-ibu dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Bantul menggunakan payung putih berkampanye tentang pentingnya tahapan menyusui di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Ahad (7/8/2022). Puting juga sering menjadi kering dan iritasi karena menyusui. Kondisi itu bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal.
Foto:

5. Penyakit Paget

Dalam kasus yang jarang terjadi, payudara yang gatal mungkin mengindikasikan sesuatu yang lebih serius. Ada penyakit langka yang disebut penyakit Paget pada payudara.

"Gejalanya dapat muncul seperti eksim pada puting susu," ujar Penzi.

Biasanya, penyakit Paget ditandai dengan munculnya lesi scaling, eczematous, atau ulserasi yang persisten yang melibatkan kompleks puting-areola. Penyakit Paget biasanya hanya menyerang satu puting, jadi perhatikan jika Anda melihat iritasi hanya pada satu sisi.

"Gatal dan ruam bisa menjadi tanda penyakit Paget pada payudara yang terkait dengan kanker payudara yang mendasarinya, di mana sel kanker dari tumor payudara yang ada menyebar melalui saluran susu ke puting dan areola," ujar Shirazi.

photo
Delapan tanda peringatan kanker payudara. - (Republika)

6. Kanker payudara

Kanker payudara inflamasi adalah diagnosis langka lainnya yang terkadang menyebabkan rasa gatal. Gejala lain mungkin termasuk pembengkakan, perubahan warna, nyeri tekan, dan perubahan cepat lainnya pada payudara selama beberapa pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement