Selasa 27 Jun 2023 09:27 WIB

Sarah Ferguson Jalani Operasi Kanker Payudara, Ini Daftar Gejala yang Kurang Dikenali

Sarah Ferguson didiagnosis kanker payudara stadium awal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Duchess of York Sarah Ferguson menghadiri acara TV Italia Rai 1 Porta a Porta dengan latar foto Putri Diana (tengah) dan Ratu Elizabeth II (kanan) di Roma, Italia, 14 Desember 2021.
Foto: EPA
Duchess of York Sarah Ferguson menghadiri acara TV Italia Rai 1 Porta a Porta dengan latar foto Putri Diana (tengah) dan Ratu Elizabeth II (kanan) di Roma, Italia, 14 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penulis dan produser film Sarah Ferguson didiagnosis kanker payudara stadium awal. Putri dari Kerajaan Inggris bergelar Duchess of York itu menerima diagnosis setelah pemeriksaan mammogram rutin dan dokter merekomendasikannya untuk dioperasi

"Duchess menerima perawatan medis terbaik dan dokternya mengatakan kepadanya bahwa prognosisnya bagus. Dia sekarang sedang memulihkan diri bersama keluarganya," kata juru biacara Duchess of York, dilansir Express, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga

Dia juga mengatakan Duchess of York menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua staf medis yang telah mendukung kesembuhannya selama beberapa hari terakhir. Menurut juru bicara, ibu dari Putri Beatrice dan Putri Eugenie itu tidak mengalami gejala kanker payudara apapun.

"Dia juga sangat berterima kasih kepada staf yang terlibat dalam mammogram yang mengidentifikasi penyakitnya, yang bebas gejala, dan meyakini pengalamannya menekankan pentingnya pemeriksaan rutin," ujar juru bicara.

Penting juga untuk mewaspadai gejala potensial yang bisa muncul. Banyak orang tahu bahwa benjolan yang ditemukan di payudara atau ketiak bisa menjadi tanda kanker payudara. Namun, ada beberapa tanda yang kurang diketahui secara umum.

Cancer Research UK mencantumkan gejala lain dari penyakit ini, yaitu:

1. Perubahan ukuran, bentuk, atau rasa payudara

Badan amal tersebut menjelaskan bahwa kanker payudara dapat menyebabkan payudara terlihat lebih besar atau memiliki bentuk yang berbeda dari biasanya.

"Ini dapat membantu untuk menyadari kondisi payudara. Ini berarti mengenal ukuran, bentuk, dan merasakan payudara Anda," kata Cancer Research UK.

2. Perubahan kulit di payudara

Perubahan kulit payudara dapat meliputi, kerutan, lesung pipit pada kulit, ruam, dan kemerahan. Cancer Research UK mengatakan area kulit payudara mungkin terlihat seperti kulit jeruk atau teksturnya mungkin terasa berbeda. Meskipun perubahan kulit ini juga dapat disebabkan oleh kondisi payudara lainnya, tetap penting untuk memeriksakannya.

3. Cairan rembes dari puting pada wanita yang tidak hamil atau menyusui

Sekali lagi, ini bisa disebabkan oleh kondisi medis lain. Namun, cairan yang keluar dari puting pada wanita yang tidak hamil atau menyusui bisa menjadi tanda kanker payudara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement