Selasa 23 May 2023 19:05 WIB

Benarkah BPA Bisa Picu Kanker Payudara?

Botol minum plastik disebut-sebut mengandung Bispenol-A (BPA).

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi minuman botol. Ternyata BPA memang terkait dengan estrogen. BPA bisa memudahkan timbulnya kanker payudara.
Foto: Needpix
Ilustrasi minuman botol. Ternyata BPA memang terkait dengan estrogen. BPA bisa memudahkan timbulnya kanker payudara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar mengenai kemasan plastik dengan bahan polikarbonat yang mengandung Bispenol-A (BPA) diduga memicu kanker payudara santer terdengar belakangan ini. Benarkah demikian?

Tim Onkologi RS Kramat 128, Prof Zubairi Djoerban SpPD KHOM, menjelaskan, BPA adalah bahan senyawa yang dipakai untuk membuat kemasan plastik untuk berbagai macam minuman. Zat kimia ini banyak dipakai di pabrik-pabrik untuk membuat botol minuman kemasan, dari berbagai merek seperti Teh Botol, Coca Cola, Seven Up dan lain-lain.

Baca Juga

Menurut Prof Zubairi, ternyata BPA memang terkait dengan estrogen. BPA bisa memudahkan timbulnya kanker payudara.

"Bukti-buktinya masih di laboratorium, ternyata memang bisa menyebabkan perubahan sel menjadi kanker payudara," ujarnya dalam Seminar Long Survivor Kanker Payudara dengan tema "Tetap Sehat dan Produktif Bersama Kanker Payudara" di Jakarta, Senin (22/5/2023).

Prof Zubairi mengatakan dalam pembuktian di laboratorium terungkap orang yang tubuhnya yang sering terpapar BPA berisiko lebih tinggi mengalami kanker payudara. Paparan BPA lebih besar lagi jika botolnya dipanaskan atau terlalu sering dipakai.

Botol plastik juga tidak bagus jika digunakan berulang. Namun, hal tersebut merupakan data awal. Pembuktian untuk level yang tinggi belum ada.

"Penelitian pendahuluan yang kuat di beberapa tempat hubungan yang kuat BPA ini dengan kanker payudara," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement