Rabu 11 Jan 2023 17:31 WIB

Banyak Anak Kena Rabun Jauh-Silinder tanpa Sadar, Ayo Periksakan Kesehatan Matanya!

Dokter menyebut penting untuk melakukan pemeriksaan mata siswa.

Seorang pelajar menjalani pemeriksaan mata saat acara pembagian kacamata gratis untuk pelajar di Serang, Banten, Kamis (20/10/2022). Banyak anak mengalami mata minus-silinder tanpa menyadarinya.
Foto:

Penyebab mata minus

Mata minus adalah kondisi yang mana bentuk bola mata tidak bulat sempurna. Kondisi itu menyebabkan jatuhnya cahaya berada di depan retina mata sehingga menyebabkan orang dengan kondisi miopia atau mata minus mengalami kesulitan untuk melihat objek pada jarak jauh.

Beberapa faktor penyebab mata minus, yakni faktor genetik, kebiasaan melihat gawai pada jarak dekat secara terus-menerus, hingga faktor kurangnya pancaran sinar matahari yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas di luar ruangan. Dr Weni menjelaskan, kondisi mata minus bisa terjadi hanya pada salah satu mata, sehingga sering kali banyak orang tidak menyadari bahwa mereka melihat hanya menggunakan salah satu mata saja.

"Kondisi ini tentu berbahaya apabila terjadi trauma pada salah satu mata yang normal maka kemungkinan seseorang akan mengalami kesulitan untuk melihat. Minimal pemeriksaan dilakukan setahun sekali," ujar dr Weni.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement