Senin 04 Mar 2024 09:51 WIB

Penelitian: Bermain Gim di Ponsel Sebabkan Gejala Mata Kering dan Kurangi Kedipan

Jumlah kedipan turun signifikan dari 21 kedipan per menit menjadi sembilan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Sebuah penelitian menemukan bahwa gejala mata kering memburuk setelah satu jam bermain gim di ponsel pintar. Tingkat kedipan mereka menurun secara signifikan, turun dari 21 kedipan per menit menjadi sembilan. 
Foto: Freepik
Sebuah penelitian menemukan bahwa gejala mata kering memburuk setelah satu jam bermain gim di ponsel pintar. Tingkat kedipan mereka menurun secara signifikan, turun dari 21 kedipan per menit menjadi sembilan. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak sekolah di Australia menemukan bahwa gejala mata kering memburuk setelah satu jam bermain gim di ponsel pintar. Tingkat kedipan mereka menurun secara signifikan, turun dari 21 kedipan per menit menjadi sembilan. 

Selain itu, interval antar kedipan diperpanjang dari tiga detik menjadi hanya di bawah sembilan detik dalam menit pertama permainan. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Eye.

Baca Juga

Dilansir PsyPost, Senin (4/3/2024), pada dekade-dekade awal abad ke-21, prevalensi penggunaan perangkat digital di kalangan anak-anak melonjak drastis. Diantara perangkat-perangkat tersebut, ponsel pintar merupakan perangkat yang paling banyak digunakan. 

Di Amerika Serikat (AS), 83 persen anak-anak memiliki ponsel pintar pada usia 15 tahun, sebuah tren yang terjadi secara global. Anak-anak sering kali menghabiskan beberapa jam di depan perangkat digital, sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan profesional medis.

 

Waktu pemakaian perangkat digital yang berlebihan telah dikaitkan dengan dampak buruk terhadap kesehatan dan mental anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa melihat layar dalam waktu lama dikaitkan dengan perkembangan miopia (rabun jauh) yang lebih cepat pada anak-anak dan remaja. Selain itu, kemungkinan mengalami kelelahan dan ketegangan mata meningkat setelah lebih dari dua jam menggunakan ponsel pintar.

Penulis studi Ngozi Charity Chidi-Egboka dan rekan-rekannya ingin menguji pengaruh penggunaan ponsel pintar selama satu jam terhadap kedipan, gejala mata kering, dan indeks lapisan air mata pada anak sekolah. Film air mata adalah lapisan tipis cairan yang menutupi permukaan mata, memberikan pelumasan, perlindungan, dan permukaan optik halus untuk penglihatan jernih. Berbagai pengukuran yang digunakan untuk menilai stabilitas, kuantitas, dan kualitas lapisan film air mata disebut indeks film air mata.

Penelitian ini melibatkan 36 anak berusia antara enam dan 15 tahun, yang direkrut dari kampus utama Universitas New South Wales di Sydney, Australia, dan komunitas sekitarnya, dengan mayoritas peserta perempuan sebanyak 22 orang.

Untuk berpartisipasi dalam penelitian ini, anak-anak mengunjungi laboratorium peneliti, di mana mereka diminta untuk bermain gim di iPhone 5 selama satu jam tanpa gangguan. Gim yang dipilih adalah Despicable Me: Minion Rush dan Racing Penguin. 

Sebelum memulai dan....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement