Kamis 05 Jan 2023 15:01 WIB

Kebiasaan Sehat untuk Usia 50 ke Atas, Banyak Manfaatnya

Pada usia 50, Anda tetap bisa memiliki kesehatan otak yang baik dan tetap bahagia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan sehat yang harus dilakukan usia 50 tahun ke atas. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan sehat yang harus dilakukan usia 50 tahun ke atas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika memasuki usia 50-an, fungsi otak Anda tetap bisa berfungsi lebih baik. Pada usia tersebut, Anda pun bisa menjadi lebih bahagia.

Semua itu bisa dicapai apabila Anda melakukan setidaknya lima kebiasaan sehat ini. Apa saja itu? Berikut penjelasannya seperti dilansir laman Web MD, Rabu (4/1/2023):

Baca Juga

1. Pertahankan pola makan sehat

Makan sehat selalu merupakan ide yang baik, berapa pun usia Anda. Namun jika Anda sudah mencapai usia 50 tahun dan belum mengonsumsi makanan yang tepat, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulainya selain sekarang.

"Organ tubuh tidak dirancang untuk memenuhi tuntutan yang diberikan oleh konsumsi makanan olahan, tinggi gula, dan tinggi lemak," ujar ahli bedah urologi dan Direktur Medis Urology Cancer Specialists di Los Angeles, S Adam Ramin dikutip dari laman Best Life, Selasa (3/1/2023).

Ketika organ tubuh dipaksa untuk menyaring zat tersebut dalam jangka panjang, konsekuensinya bisa parah dan mengancam jiwa. Apa yang Anda makan memengaruhi setiap aspek kesehatan Anda, termasuk kesehatan otak.

"Salah satu cara untuk membantu kekuatan otak (dan ingatan) adalah mengikuti diet Mediterania yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan minyak kanola," tulis WebMD.

2. Perhatikan berat badan

Obesitas merupakan faktor risiko utama untuk kondisi kesehatan yang serius pada usia berapa pun. "Yang paling umum diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan kanker tertentu ditemui pada pasien yang terkena obesitas," ujar Obesity Action Coalition.Seiring bertambahnya usia, kecacatan fisik juga menjadi masalah utama akibat pengaruh berat pada persendian.

3. Lakukan rutinitas olahraga

Aktivitas fisik bermanfaat bagi orang-orang dari segala usia. Namun seiring bertambahnya usia, aktivitas fisik menjadi semakin penting.

"Olahraga membantu menghentikan, menunda, dan terkadang memperbaiki penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, strok, penyakit Alzheimer, radang sendi, dan osteoporosis. Itu bisa membantu otakmu tetap tajam dan mencegahmu jatuh ke dalam ketakutan," menurut WebMD.

Jika prospek melakukan rutinitas olahraga tampak menakutkan, yakinlah bahwa ada banyak pilihan bagus. "Beberapa aktivitas menyediakan lebih dari satu jenis latihan jadi Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak," ujad WebMD.

Pilih aktivitas yang Anda sukai. Latihan berdampak rendah dengan sedikit lompatan dan hentakan lebih baik untuk persendian Anda.

Dokter atau terapis fisik Anda dapat menyarankan cara untuk menyesuaikan olahraga dan latihan, atau alternatif yang lebih baik berdasarkan keterbatasan kondisi medis yang Anda miliki. Anda juga bisa melakukan jalan cepat. Memasukkan jalan kaki ke dalam rutinitas sehari-hari dapat menambah angka harapan hidup dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

4. Lakukan pemeriksaan tahunan

Setelah berusia 50 tahun, Anda perlu menjalani pemeriksaan untuk berbagai kondisi berbeda. Jadwalkan pemeriksaan fisik Anda.

The American Cancer Society mengatakan, skrining untuk berbagai jenis kanker direkomendasikan setelah usia 50 tahun. "Jika Anda berusia 50 hingga 64 tahun, tes skrining untuk kanker tertentu direkomendasikan," ujar situs itu.

Penting untuk memperhatikan tekanan darah Anda seiring bertambahnya usia. "Tekanan darah tinggi tak hanya buruk bagi jantung, tetapi juga memiliki efek serius dan bertahan lama pada ginjal Anda," ujar Ramin.

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement