Kamis 05 Jan 2023 13:37 WIB

Banyak yang Keliru, Ternyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Anda harus melakukan sembilan atau 10 lingkaran sikat per gigi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kesalahan saat menyikat gigi. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Kesalahan saat menyikat gigi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yakinkah Anda bahwa cara menyikat gigi selama ini sudah benar? Kepala ortodontis di Impress dr Khaled Kasem mengatakan, banyak orang yang salah dalam menyikat gigi, bahkan dari segi teknik memegang sikat.

Dia menjelaskan cara menyikat gigi yang benar agar bersih maksimal. Untuk memulainya, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki sikat berbulu lembut yang bagus untuk digunakan. Ini bisa berupa sikat gigi elektrik atau standar.

Baca Juga

Dr Kasem mengeklaim, Anda tidak perlu menggunakan sikat yang mahal selama menyikat dengan benar. "Sangat penting untuk memiliki sikat yang sangat lembut, usahakan untuk menghindari sikat yang sedang dan lebih keras karena dapat menyebabkan trauma pada gusi," ujarnya dilansir laman Mirror, Kamis (5/1/2023).

Dia mengatakan, yang paling penting adalah metode dalam menyikat gigi. Jadi Anda harus mulai dari satu sisii, baru kemudian membersihkan sisi lain.

 

"Masukkan sikat gigi dengan sudut 45 derajat antara gusi dan gigi. Gunakan tekanan yang lembut, jangan memaksakan sikat. Lakukan gerakan melingkar kecil pada gigi dan kemudian turun," ujarnya.

Anda harus melakukan sembilan atau 10 lingkaran per gigi. Sikat semua gigi di depan, atas dan bawah, lalu lakukan hal yang sama di bagian dalam. "Biasanya butuh waktu minimal dua menit untuk melakukannya," kata dr Kasem.

Selain salah memegang sikat, ada beberapa kesalahan besar lainnya yang harus Anda hindari saat membersihkan gigi. Dia mengatakan, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah menyikat secara horizontal. Jadi, jika Anda melakukan gerakan dari sisi ke sisi dengan sikat, maka Anda salah melakukannya.

"Hindari menyikat secara horizontal, ini menyebabkan apa yang kita sebut abfraksi, di mana Anda kehilangan sebagian gusi di bagian atas dan dapat menyebabkan resesi gusi," ujarnya.

Dr Kasem menginstruksikan orang untuk memulai proses pembersihan gigi mereka dengan benang gigi untuk menghilangkan plak yang ada di antara gigi. Selanjutnya, lanjutkan dengan menyikat gigi, sebelum diakhiri dengan obat kumur. Waktu terbaik untuk menggunakan obat kumur sebenarnya bukan pada awal hari, tapi di penghujung hari.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement