Kamis 05 Jan 2023 14:15 WIB

Makan Pisang Setelah Olahraga, Apa Sih Manfaatnya?

Pisang memberikan manfaat terbaik ketika dikonsumsi setelah olahraga.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Manfaat makan pisang setelah olahraga. (ilustrasi).
Foto: theshanamarieshow.com
Manfaat makan pisang setelah olahraga. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang sering dianggap sebagai camilan terbaik sebelum olahraga. Faktanya, pisang justru memberikan manfaat terbaik ketika dikonsumsi setelah olahraga.

Dilansir di laman Eat This Not That pada Kamis (5/1/2023), pisang mengandung beberapa nutrisi penting yang penting untuk pemulihan pascaolahraga atau latihan fisik. "Pisang dianggap karbohidrat sederhana, atau cepat dicerna, yang sempurna untuk camilan pascalatihan," ujar ahli nutrisi, Amy Goodson.

Baca Juga

Selama berolahraga, Anda membakar gula (sejenis karbohidrat) sebagai sumber energi. Semakin lama dan keras olahraga, semakin banyak yang Anda bakar. Gula ini berasal dari apa yang Anda makan sebelum berolahraga. Namun saat berolahraga, tubuh akan mulai memecah glikogen (atau karbohidrat yang disimpan) dari hati dan otot.

Karena itu, dia menyarankan konsumsi pisang untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil dan menyediakan energi untuk otot yang bekerja. Setelah berolahraga, glikogen perlu diisi ulang. Sekitar 90 persen karbohidrat yang Anda konsumsi segera setelah berolahraga digunakan untuk mengisi kembali simpanan glikogen. "Itulah sebabnya karbohidrat sederhana direkomendasikan dalam waktu dua jam setelah Anda berolahraga," ujarnya.

Karbohidrat sederhana dapat ditemukan dalam makanan seperti buah dan sayuran, tetapi juga dapat ditemukan dalam produk olahan seperti permen, makanan yang dipanggang, dan soda. Makan pisang setelah berolahraga adalah pilihan yang tepat karena tidak diproses dan mengandung vitamin dan nutrisi yang bermanfaat. Pisang juga menyediakan sekitar 30 gram karbohidrat untuk membantu mengisi kembali simpanan glikogen tersebut.

Pisang dikombinasikan dengan protein yang dapat membantu tubuh membangun otot dan membakar lemak. Pasangkan pisang dengan sumber protein setelah berolahraga. Tujuannya, untuk membantu meningkatkan upaya pembentukan otot dan pembakaran lemak.

"Saat mengonsumsi karbohidrat, tubuh Anda memproduksi insulin yang bertindak seperti kunci, yang membuka kunci sel, dan membiarkan nutrisi dari darah masuk ke dalam sel untuk energi," ujar Goodson.

Sel secara alami lebih sensitif untuk menyerap glukosa (gula) dan asam amino (protein) setelah berolahraga. Mengonsumsi karbohidrat dengan protein menyebabkan produksi insulin dan dapat membantu otot menyerap glukosa dan asam amino dalam darah untuk pemulihan. Jadi, setelah berolahraga, cobalah memadukan smoothie dengan pisang dan bubuk protein favorit Anda untuk camilan pasca-olahraga yang sempurna.

Pisang juga dapat membantu mengatasi peradangan pascalatihan. "Pisang tidak hanya mengandung karbohidrat untuk membantu mempercepat pemulihan, tetapi juga dikemas dengan beberapa antioksidan, termasuk flavonoid dan amina," ujar Goodson.

Antioksidan membantu melawan atau menetralkan radikal bebas di dalam tubuh, yang pada akhirnya membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh kerusakan sel. Sebuah studi pada Maret 2018 di jurnal PLOS One menemukan bahwa karbohidrat dalam pisang membantu menurunkan tingkat peradangan setelah orang bersepeda sekitar 73 km.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement