Selasa 18 Oct 2022 14:06 WIB

Kecelakaan Saat Syuting Adegan Laga, Jackie Chan Pernah Koma Tujuh Hari

Sebagian orang yang koma masuk ke kesadaran minimal, tak bangun seperti Jackie Chan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor laga Jackie Chan pernah koma selama tujuh hari setelah mengalami kecelakaan dalam syuting film Armour of God rilisan 1987.
Foto:

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mendefinisikan koma sebagai keadaan di mana seseorang tidak responsif dan tidak bisa dibangunkan. Pasien koma tidak menunjukkan tanda-tanda kesadaran dan aktivitas otaknya sangat terbatas.

Akan tetapi, orang tersebut masih hidup. Kondisi demikian bisa terjadi akibat cedera otak, seperti cedera kepala parah.

Seiring waktu, orang tersebut mungkin secara bertahap mulai mendapatkan kembali kesadarannya dan menjadi lebih sadar akan lingkungan mereka. Beberapa orang akan bangun setelah beberapa pekan, sementara yang lain mungkin masuk ke keadaan vegetatif atau kesadaran minimal.

Pasien koma biasanya dirawat di unit perawatan intensif (ICU) untuk mendukung fungsi tubuh, seperti pernapasan dan tekanan darahnya.  Sebagian orang bisa sembuh total usai koma, sementara sebagian lain berpotensi mengalami kecacatan.

"Kemungkinan seseorang pulih dari koma sangat tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab cedera otak, usia, dan berapa lama mereka koma," kata NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement