Rabu 20 Mar 2024 08:39 WIB

Lima Film Terbaik Jackie Chan, Mana Favoritmu?

Jackie Chan telah bekerja sebagai aktor, sutradara, penulis dan koreografer aksi.

Salah satu adegan di film New Police Story.
Foto: Dok. JCE Movies Limited
Salah satu adegan di film New Police Story.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai seorang aktor, sutradara, penulis, dan koreografer aksi, Jackie Chan merevolusi komedi aksi dengan film-film seperti Police Story dan Drunken Master. Film Jackie Chan digambarkan oleh pakar film Andrew Willis sebagai bintang film paling terkenal di dunia.

Jackie Chan tetap menjadi tokoh sinema aksi paling penting selama setengah abad terakhir. Bekerja sebagai aktor, sutradara, penulis dan koreografer aksi, Chan mencapai kesuksesan mainstream baik di belahan bumi Timur dan Barat. 

Baca Juga

Para penggemar kini dengan mudah mengenali gaya bertarung seni bela diri akrobatik dan improvisasinya. Namun ada lebih dari film-film terbaiknya selain rangkaian aksi terbaik.

Pada awal tahun 1970-an, Bruce Lee memainkan peran penting dalam melambungkan industri film Hong Kong ke garis depan perfilman dunia. Kematian dini Lee meninggalkan kekosongan yang akhirnya diisi oleh Jackie Chan. 

Kombinasi humor slapstick Chan dengan koreografi aksi kelas dunia membantu menciptakan beberapa film terhebat di dunia perfilman.

Sejumlah film dibintanginya, seperti The Young Master, Armour of God, dan Snake in the Eagle's Shadow. Namun, ada beberapa film lain yang membuat namanya semakin melejit.

Dilansir CBR, berikut lima film terbaik Jackie Chan.

1. Armour of God

Terinspirasi oleh franchise Indiana Jones, Armor of God adalah film komedi aksi-petualangan yang dibintangi Chan sebagai "Asian Hawk", mantan musisi yang kini bekerja sebagai pemburu harta karun. Dalam Armor of God, "Asian Hawk" memulai pencarian di seluruh Eropa untuk mencari harta karun misterius yang disimpan oleh sebuah organisasi biksu.

Armor of God sekarang terkenal karena Chan hampir mati di lokasi syuting. Saat melompat ke pohon, dahan patah membuat Chan terjatuh ke tanah, kepalanya terbentur batu dan tengkoraknya patah. Meski hampir merenggut nyawanya, Armor of God menjadi film Hong Kong terlaris sepanjang masa. Time Out menempatkan Armor of God ke-91 dalam daftar film aksi terbaiknya.

2. Snake in the Eagle's Shadow

Setelah bekerja selama hampir satu dekade tanpa banyak keberhasilan, Chan akhirnya menjadi bintang pada tahun 1978 dengan rilisan Snake in the Eagle's Shadow. Debut penyutradaraan Yuen Woo-ping, film ini dibintangi oleh Chan sebagai anak yatim piatu yang diintimidasi yang mempelajari Kung Fu Ular dari seorang pengemis tua.

Meskipun film kung fu sebelumnya menggabungkan seni bela diri dengan komedi, Snake in the Eagle's Shadow membawa komedi aksi ke tingkat yang lebih tinggi. Penampilan komedi kung fu yang luar biasa dari Chan akhirnya membuat Hollywood mengambil keputusan pada awal tahun 1980-an. 

Snake in the Eagle's Shadow terkenal karena Chan kehilangan gigi dan secara tidak sengaja tersayat dengan pedang yang berhasil masuk ke potongan terakhir film.

Drunken Master....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement