Selasa 18 Oct 2022 02:55 WIB

Beta Glucan Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Tiga Jenis Makanan Ini Sumbernya

Konsumsi makanan yang mengandung beta glucan dapat bantu turunkan kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Oatmeal (ilustrasi). Oat termasuk salah satu makanan yang mengandung beta glucan.
Foto:

Selain beta glucan, dr Brosch mengatakan ada beberapa makanan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus meningkatkan asupan lemak "baik" bagi tubuh. Sebagian di antaranya adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan lemak yang mengandung lemak omega 3.

Akan tetapi, ada pula beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kadar kolesterol. Salah satunya adalah makanan yang mengandung lemak jenuh.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Makanan tinggi lemak jenuh bisa memicu peningkatan kadar kolesterol LDL. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel hati memiliki reseptor yang bisa mengenali kolesterol LDL dan membuangnya dari darah.

Akan tetapi, konsumsi terlalu banyak lemak jenuh bisa menghambat kinerja reseptor tersebut sehingga kolesterol LDL bisa menumpuk di dalam darah. Hal lain yang bisa membantu adalah memastikan kecukupan asupan vitamin D.

Menurut analisis meta yang melibatkan lebih dari 3.000 partisipan, terjadi penurunan kadar kolesterol total pada orang yang mendapatkan suplementasi vitamin D selama enam pekan hingga tiga tahun. "Mendapatkan vitamin D yang cukup juga penting," jelas dr Brosch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement