Jumat 14 Oct 2022 16:17 WIB

Penderita Kolesterol Tinggi Masih Boleh Makan Telur, Ini Syaratnya

Telur dapat menyebabkan kadar kolesterol naik jika dikonsumsi secara berlebihan.

Telur mata sapi. Penderita kolesterol tinggi masih dapat makan telur.
Foto: Flickr
Telur mata sapi. Penderita kolesterol tinggi masih dapat makan telur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli gizi Ulva Rezatiara dari Universitas Gadjah Mada mengatakan orang yang punya kolesterol tinggi masih boleh makan telur. Syaratnya, jumlahnya tetap sesuai batas.

"Penderita kolesterol masih aman untuk mengonsumsi telur dengan cacatan secukupnya atau tidak berlebihan dan tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat," kata Ulva kepada Antara, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga

Namun, Ulva tetap menyarankan orang yang punya penyakit kolesterol untuk berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi telur agar mengetahui porsi yang tepat untuk dirinya. Dia menjelaskan telur memang akan menyebabkan kadar kolesterol naik jika dikonsumsi secara berlebihan. Bagian kuning telur mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian putih telur.

Bertepatan dengan Hari Telur Sedunia yang jatuh pada 14 Oktober, Ulva menjelaskan telur adalah salah satu makanan bergizi dan baik untuk tubuh. Telur mengandung protein, lemak, karbohidrat serta mineral seperti kalsium, fosfor, besi, seng dan berbagai vitamin seperti vit.A, Vit.B1, Vit.B2, dan niasin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement