Rabu 15 May 2024 21:53 WIB

Jangan Salah, Begini Cara Menyimpan Berbagai Jenis Bawang Supaya tidak Cepat Busuk

Lingkungan yang dingin dan lembap tidak baik untuk bawang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Tips menyimpan bawang agar bertahan lama.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tips menyimpan bawang agar bertahan lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai jenis bawang kerap digunakan untuk memasak banyak hidangan. Menambahkan bawang dalam masakan adalah cara mudah untuk memberikan rasa dan tekstur khas pada ratusan resep. Karena itu, menyimpan bawang perlu dilakukan dengan benar.

Dikutip dari laman Mirror, Rabu (15/5/2024), cara penyimpanan bawang yang tepat akan membuat bawang tidak mudah lunak, berjamur, atau busuk. Metode yang benar untuk setiap jenis bawang bahkan bisa membuat bawang bertahan hingga enam bulan.

Baca Juga

Menyimpan bawang pun bisa dibilang sebuah seni karena lokasi penyimpanan yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat menimbulkan bencana. Jadi, di mana tepatnya bawang harus disimpan? Aturan pertama, jangan simpan bawang di lemari es.  

Lingkungan yang dingin dan lembap tidak baik untuk bawang dan akan membuat bawang mulai mengubah pati menjadi gula. Hal ini menyebabkan bawang menjadi mudah lembek seiring berjalannya waktu, yang berarti akan kehilangan tekstur khasnya saat dimasak.

Untuk bawang bombay, tempat penyimpanan yang tepat adalah di tempat yang gelap, sejuk, kering, dan berventilasi baik. Lemari dapur mungkin tampak seperti tempat yang tepat, tetapi ada satu hal yang harus Anda waspadai, yakni lemari tidak boleh berada di dekat oven.

Pasalnya, suhu lemari yang diletakkan dekat oven akan berfluktuasi setiap kali oven dinyalakan. Pada akhirnya, kondisi itu dapat menciptakan lingkungan hangat dan lembap untuk bawang bombay, sehingga menimbulkan masalah yang sama seperti lemari es.

Tempat terbaik lain untuk menyimpan bawang bombay adalah di garasi atau ruang bawah tanah. Selain mencari tempat yang sejuk dan kering, bawang bombay juga harus dijauhkan dari sinar matahari langsung, karena panas yang dihasilkan oleh sinar matahari dapat mendorong tumbuhnya jamur.

Jika membeli bawang bombay dari supermarket dalam kantong plastik, sebaiknya dikeluarkan sebelum disimpan. Para ahli di Shop Food Waste mengatakan jangan pernah menyimpan bawang bombay dalam plastik tertutup karena akan cepat menyebabkan pembusukan.

Kantong plastik memungkinkan kelembapan terperangkap di dalam kantong, yang berarti kemungkinan besar tumbuhnya jamur. Sementara, untuk bawang merah dan bawang putih, sebaiknya disimpan dalam keranjang atau kantong kertas yang memiliki sirkulasi udara. Jika disimpan dengan cara ini, bawang merah dan bawang putih bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement