Kamis 29 Sep 2022 04:35 WIB

Studi: Paparan Sinar Matahari Selama 20 Menit Bisa Tingkatkan Kadar Testosteron

Pria tak harus bergantung pada suplemen untuk tingkatkan kadar testosteronnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria berjemur di sekitar rumahnya di kawasan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (16/7/2021). Berjemur dapat meningkatkan kadar testosteron.
Foto:

Di negara-negara tertentu, seperti Inggris, paparan sinar matahari terbilang langka. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan testosteron salah satunya dengan mengonsumsi ashwaganda, makanan pokok dalam masakan India.

Satu penelitian terhadap pria berusia antara 40 hingga 70 tahun menemukan peningkatan signifikan pada mereka yang mengonsumsinya. Peserta yang diberikan ashwagandha sebagai suplemen mengalami peningkatan testosteron sekitar 15 persen.

Para peserta juga mengalami peningkatan 18 persen dalam hormon yang disebut DHEA, yang membantu memproduksi testosteron. Makanan lain yang telah terbukti meningkatkan kadar testosteron ialah bawang, ikan berlemak, dan sayuran berdaun hijau.

Menurut Urology Health, gejala testosteron rendah termasuk berkurangnya gairah seks, kerontokan rambut di tubuh, dan pertumbuhan janggut yang berkurang. Perut buncit dan kelelahan sepanjang waktu juga bisa menjadi gejala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement