Senin 13 Mar 2023 17:00 WIB

5 Tanda Awal Defisiensi Vitamin D dan Cara Mengatasinya

Jika dibiarkan, defisiensi vitamin D bisa picu masalah kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vitamin D (ilustrasi). Kerontokan rambut salah satunya dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D.
Foto: www.freepik.com
Vitamin D (ilustrasi). Kerontokan rambut salah satunya dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sekitar satu miliar orang di dunia yang diprediksi mengalami defisiensi vitamin D, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bila dibiarkan, defisiensi vitamin D bisa berkontribusi pada terjadinya beberapa masalah kesehatan, seperti osteoporosis.

Ahli farmasi Duncan Reid mengatakan defisiensi vitamin D bisa tak memunculkan gejala. Oleh karena itu, kondisi defisiensi vitamin D bisa tak disadari oleh penderitanya.

Baca Juga

Namun terkadang, beberapa tanda awal defisiensi vitamin D bisa dirasakan oleh penderitanya. Menurut Reid, ada lima tanda awal vitamin D yang bisa muncul dan perlu dikenali. Berikut ini adalah kelima tanda tersebut:

1. Lelah dan letih

2. Nyeri pada tulang dan punggung bagian bawah

3. Nyeri atau pegal pada otot

4. Cukup sering terkena sakit, seperti pilek atau flu

5. Rambut rontok

Sedangkan dalam jangka panjang, lanjut Reid, defisiensi bisa memicu terjadinya deformitas tulang. Pada anak misalnya, defisiensi vitamin D bisa menyebabkan rakitis.

"Pada orang dewasa (defisiensi vitamin D) ini bisa memicu kondisi serupa bernama osteomalacia," ujar Reid, seperti dilansir Express, Senin (13/3/2023).

Orang-orang yang mengalami gejala defisiensi vitamin D disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, mereka dapat menjalani tes darah untuk mendeteksi kadar vitamin D dalam darah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement