Rabu 18 Jan 2023 03:10 WIB

Dua Vitamin Ini Malah Bisa Perburuk Radang Sendi, Apa Saja?

Ada dua vitamin yang berkontribusi pada perkembangan asam urat, erburuk radang sendi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (Ilustrasi). Vitamin tertentu berkontribusi pada perkembangan asam urat dan ujungnya memperburuk radang sendi.
Foto: www.freepik.com.
Kaki (Ilustrasi). Vitamin tertentu berkontribusi pada perkembangan asam urat dan ujungnya memperburuk radang sendi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arthritis (radang sendi) merupakan istilah untuk beberapa kondisi saat persendian menderita nyeri. Sebagian besar kasusnya dimulai dari kerusakan tulang rawan.

Ada bentuk arthritis yang menyakitkan, seperti gout (asam urat) yang terjadi ketika kristal urat menumpuk di persendian. Menurut beberapa badan kesehatan, ada dua vitamin yang berkontribusi pada perkembangan asam urat.

Baca Juga

Menurut WebMD, asam urat umumnya terjadi pada serangan berkala yang menyebabkan rasa sakit yang tidak terduga. Biasanya, ini terjadi sepanjang malam.

"Serangan asam urat paling sering terjadi di jempol kaki," kata WebMD.

 

Serangan tersebut dapat bertahan hingga dua pekan. Namun, masih banyak orang yang tidak menunjukkan gejala dari serangan itu.

Untuk mencegahnya, University of Maryland Medical Center memperingatkan penggunaan vitamin tertentu, seperti niasin dan vitamin A. Niasin yang dikenal sebagai vitamin B3 sangat penting untuk fungsi metabolisme dan merupakan vitamin yang larut dalam air.

Vitamn B3 digunakan untuk membantu sistem pencernaan, kulit, dan saraf. Namun, jika takarannya berlebih, ini akan berdampak pada asam urat.

"Niacin dapat menyebabkan kelebihan asam urat dalam darah (hiperurisemia) yang membuat Anda berisiko terkena asam urat," kata Mayo Clinic.

Di sisi lain, vitamin A bisa menyebabkan penumpukan asam urat dalam darah jika diminum dalam dosis tinggi. Vitamin A larut dalam lemak dan bagus untuk kesehatan kulit dan mata.

Dilansir Express, Selasa (17/1/2023), menurut Arthritis Foundation, asam urat berkembang terutama pada orang yang memiliki kadar asam perusak tinggi dalam darah. "Kristal terbentuk di dalam dan sekitar persendian yang seringkali dimulai di pangkal jempol kaki. Ini menyebabkan rasa sakit yang parah, panas, dan bengkak," ucapnya.

Menurut Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), gejala lain dapat meliputi:

1. Panas dan sakit di persendian

2. Pembengkakan di dalam dan sekitar sendi

3.Kulit kemerahan di daerah persendian

4.Kulit mengelupas, gatal, dan bersisik saat pembengkakan berkurang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement