Sabtu 14 Jan 2023 04:10 WIB

Pria Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kadar Testosteron Rendah

Testosteron merupakan hormon pada pria yang penting untuk banyak hal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria memegang dadanya (Ilustrasi). Gairan seks rendah dan tumbuh payudara dapat menjadi tanda kadar testosteron rendah.
Foto: www.freepik.com.
Seorang pria memegang dadanya (Ilustrasi). Gairan seks rendah dan tumbuh payudara dapat menjadi tanda kadar testosteron rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hormon seks pria (testosteron) berperan penting dalam perkembangan rambut kemaluan, ketiak, dan wajah, dorongan seks, produksi sperma, serta menjaga massa otot dan kepadatan tulang. Kadar testosteron antarpria bisa bervariasi, tetapi biasanya turun antara 300 dan 1.000 nanogram per desiliter darah.

Dikutip dari Health Digest, Jumat (12/1/2023), kadar testosteron tersebut berfluktuasi sepanjang hari. Namun, ada beberapa pria yang memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dari normal.

Baca Juga

Berikut ini tanda-tanda pria mungkin memiliki tingkat testosteron rendah.

- Gairah seks rendah

Jika gairah seks sangat rendah dan ini telah terjadi selama beberapa waktu, bisa jadi itu disebabkan oleh testosteron yang rendah. Kadar testosteron memengaruhi minat pria pada seks dan libido rendah bisa menjadi tanda penurunan tajam tingkat testosteron.

- Memiliki lebih sedikit ereksi

Selain memengaruhi keinginan untuk berhubungan seks, testosteron rendah dapat membuat pria lebih sedikit ereksi spontan seperti ereksi pagi. Ini juga dapat memengaruhi kemampuan untuk menjadi dan tetap ereksi, yang dikenal sebagai disfungsi ereksi.

Kendati demikian Low-T Center mengatakan testosteron rendah bukanlah penyebab utama disfungsi ereksi. Itu mungkin hanya secara langsung menyebabkan disfungsi ereksi ketika tingkat testosteron sangat rendah.

- Penurunan volume ejakulasi

Volume ejakulasi tidak selalu konstan dan dapat turun jika pria sering berhubungan seks atau seiring bertambahnya usia. Tetapi jika ada penurunan volume ejakulasi yang signifikan, maka testosteron rendah bisa menjadi penyebabnya.

- Munculnya payudara pria

Payudara atau ginekomastia pada pria disebabkan oleh ketidakseimbangan antara testosteron dan estrogen dalam tubuh pria. Ginekomastia dapat muncul sebagai benjolan payudara kecil atau payudara yang membesar.

Selain testosteron rendah, ginekomastia dapat disebabkan oleh masalah tiroid, ginjal, atau hati, kanker, atau tumor di kelenjar adrenal atau hipofisis. Munculnya payudara pria mungkin juga merupakan efek samping dari pengobatan.

- Mengalami penambahan berat badan yang tidak bisa diturunkan

Testosteron rendah mengurangi massa otot, sehingga sulit untuk aktif secara fisik dan menurunkan berat badan. Testosteron rendah juga tidak membantu mengurangi motivasi berolahraga.

- Mengalami perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati bukan gejala khusus testosteron rendah, tetapi ini tidak boleh diabaikan. Sebab, testosteron berperan penting dalam mengatur keadaan psikologis pria.

Depresi dikaitkan dengan testosteron rendah, dengan pria menunjukkan tanda-tanda mengalami depresi ringan, kelesuan, kelelahan, inersia emosional (menjadi acuh tak acuh, tidak termotivasi), dan bahkan depresi berat.

Depresi yang disebabkan oleh testosteron rendah memengaruhi kemampuan seksual. Kemampuan seksual yang berkurang berkontribusi terhadap depresi pada pria dengan testosteron rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement