Sabtu 24 Jun 2023 06:56 WIB

Makanan yang Dipercaya Mampu Tingkatkan Testosteron, Banyak Manfaatnya

Tak hanya pria, wanita juga memiliki kadar testosteron alami.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kekuatan otot pria (ilustrasii). Pria membutuhkan testosteron untuk membangun massa dan kekuatan otot. Salah satunya bisa diperoleh dari makanan.
Foto: www.freepik.com
Kekuatan otot pria (ilustrasii). Pria membutuhkan testosteron untuk membangun massa dan kekuatan otot. Salah satunya bisa diperoleh dari makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada berbagai macam manfaat testosteron bagi pria. Manfaat tersebut di antaranya membangun massa dan kekuatan otot, memengaruhi gairah seks (libido) seseorang, massa tulang, distribusi lemak, serta produksi sel darah merah dan sperma. 

Berlawanan dengan kepercayaan populer, testosteron bukan hanya hormon pria. Wanita juga memiliki kadar testosteron alami. Jika kadar ini terlalu rendah, wanita bisa mengalami efek negatif pada kesehatan tulang, penurunan libido, dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Baca Juga

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kadar testosteron seseorang, antara lain obesitas, obat-obatan tertentu, dan fungsi tiroid yang rendah. Pola diet dan makanan tertentu juga dapat memengaruhi kadar testosteron.

Diet rendah lemak, diet yang sangat tinggi protein, dan diet kaya gorengan dapat berdampak negatif terhadap kadar testosteron. Sebaliknya, menerapkan pola makan yang kaya makanan antiinflamasi dapat membantu menjaga kadar testosteron yang sehat.

Berikut adalah delapan makanan yang dapat membantu Anda mencapai kadar testosteron yang ingin Anda lihat seperti dilansir laman Eat This Not That, Jumat (23/6/2023):

1. Biji labu

Biji labu adalah sumber seng alami, nutrisi yang dapat memengaruhi kadar testosteron. Satu studi menunjukkan, suplementasi seng selama enam bulan di antara pria lanjut usia yang kekurangan seng meningkatkan kadar testosteron serum dua kali lipat. Dan percobaan delapan pekan lainnya menemukan bahwa pemain sepak bola perguruan tinggi yang mengonsumsi suplemen seng setiap malam menunjukkan peningkatan T-level dan peningkatan kekuatan kaki yang 250 persen lebih besar dibandingkan plasebo.

2. Jahe

Kebanyakan orang tahu, jahe dapat menambah rasa yang memuaskan pada makanan dan minuman. Tetapi mereka mungkin tidak menyadari bahwa jahe juga dapat memengaruhi testosteron.

Mengonsumsi jahe dapat mengurangi stres oksidatif pada testis, meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tertentu, menormalkan glukosa darah, meningkatkan produksi oksida nitrat, dan meningkatkan aliran darah. Semua faktor tersebut berdampak positif pada testosteron.

3. Tiram

Tiram adalah afrodisiak yang dikenal, mungkin sebagian karena seng yang dikandungnya. Seng telah terbukti menghasilkan peningkatan kadar testosteron, khususnya di kalangan wanita pascamenopause. Wanita juga bergantung pada kadar testosteron yang sehat untuk mendukung kesehatan seksual, jadi meskipun Anda tidak memerlukan alasan lain untuk menyukai tiram, sekarang Anda memilikinya.

4. Kacang brasil

Ditemukan di tanah, selenium adalah trace mineral yang kuat artinya tubuh Anda hanya membutuhkan sedikit, yang memainkan berbagai peran penting baik pada tingkat seluler maupun organisme. Ada juga data yang menunjukkan bahwa selenium terlibat dalam pembuatan testosteron. Karena kacang Brazil adalah salah satu sumber nutrisi terbaik ini, mengonsumsinya dapat berdampak positif pada kadar testosteron.

5. Jus delima

Jus Delima dikemas dengan senyawa tumbuhan polifenol alami, yang dapat membantu meningkatkan kadar testosteron. Dan data menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman kaya polifenol ini berpotensi meningkatkan kadar testosteron air liur, menyoroti bagaimana konsumsi dapat berdampak positif pada kadar testosteron.

6. Susu

Susu adalah sumber dari 13 nutrisi penting, dengan satu yang kurang populer adalah boron. Bukti menunjukkan, peningkatan yang signifikan dalam konsentrasi testosteron setelah suplementasi boron. Jika Anda lebih suka menghindari lemak susu, Anda juga bisa menemukan boron dalam plum, kacang kering dan matang, kentang, dan polong-polongan.

7. Salmon

Salmon memiliki banyak manfaat, termasuk mengandung banyak nutrisi "peningkat" testosteron seperti vitamin D, asam lemak omega-3, dan selenium. Satu studi menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi minyak salmon tambahan selama 90 hari menunjukkan peningkatan kadar testosteron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement