Jumat 16 Jun 2023 21:34 WIB

Pernah Digigit Ular 50 Kali, Pria Ini Bagikan Tips Menghadapi Ular

Bagi orang awam, wajar jika merasa takut ketika menghadapi ular.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Ular (Ilustrasi). Pria yang pernah digigit ular 50 kali membagikan tips menghadapi ular.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ular (Ilustrasi). Pria yang pernah digigit ular 50 kali membagikan tips menghadapi ular.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Kebanyakan orang berusaha keras untuk menghindari ular saat berada di alam bebas. Terlepas dari fakta sebagian besar spesies sama sekali tidak berbahaya, selalu ada kemungkinan untuk menemukan varietas yang berpotensi berbisa dan tentunya berbahaya.

Ahli reptil Jesse Rothacker direktur dan pendiri Forgotten Friend Reptile Sanctuary, menunjukkan dirinya telah digigit ular lebih dari 50 kali. Melalui sebuah video dokumentasi di Youtube, Rothacker juga mengedukasi tentang cara beberapa spesies reptil beraksi di alam liar dan juga memiliki peran penting dalam rantai makanan.

Baca Juga

Dia menjelaskan, salah satu ular yang ditemukannya tidak berusaha menyakitinya dengan semua gigitan yang dilakukan. Seekor ular berhasil menggigit alis dan hidungnya sebanyak 52 gigitan.

Rothacker dengan lembut membiarkan hewan melata itu masuk ke dalam batang kayu berlubang. Tetapi meskipun jumlah gigitan yang didapatnya cukup banyak, Rothacker menjelaskan bahwa reptil itu tidak berusaha menyakitinya.

 

"Kamu bisa lihat di video aku banyak tertawa setiap kali dia menggigitku karena aku tahu dia tidak berusaha menyakitiku!,” kata Rothacker kepada WPMT afiliasi FOX lokal dalam sebuah wawancara pada 13 Juni, dikutip dari Best Life, Jumat (17/6/2023).

Selama video, Rothacker juga tidak memberikan respons kekerasan atau kemarahan. Dia menambahkan bahwa dia telah digigit "ribuan kali" tetapi ada spesies khusus yang hanya mencoba untuk mencari tahu apa yang mungkin ada dalam makanan mereka dan yang tidak. Kendati reptil itu bisa berulang kali memasukkan gigi kecilnya ke dalam tubuh sang pakar reptil.

Tentu saja orang awal atau bukan ahli kerap merasa takut dengan ular. Rothacker pun menyarankan agar orang dapat menghindari nasib serupa dengan mengikuti beberapa aturan sederhana.

Setelah Rothacker dengan aman melepaskan diri dari ular...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement