Jumat 12 May 2023 07:04 WIB

Hubungan Seks Pagi Hari Banyak Manfaatnya, Mulai dari Redakan Stres Hingga Perbaiki Kulit

Pada pagi hari, kadar estrogen dan testosteron berada pada puncaknya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Suami dan istri melakukan hubungan seks pada pagi hari (ilustrasi). Hubungan seks pada pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Suami dan istri melakukan hubungan seks pada pagi hari (ilustrasi). Hubungan seks pada pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak dari Anda memilih kopi, teh, smoothies, atau bahkan mandi air dingin agar menyegarkan tubuh ketika bangun tidur. Namun tahukah Anda, berhubungan seks pada pagi hari (morning sex) dengan suami atau istri bisa menjadi cara bagus untuk memulai hari?

Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari aktivitas seksual pada pagi hari. Berikut penjelasannya:

Baca Juga

1. Orgasme dapat memperbaiki kulit

Orgasme melepaskan hormon yang bermanfaat bagi kulit seperti estrogen yang mampu membantu mempertahankan kolagen. Mereka juga menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan sirkulasi darah yang akhirnya merangsang dan memperbaiki kolagen.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika terbiasa mengonsumsi multivitamin pada pagi hari, Anda mungkin senang mendengar bahwa seks juga dapat meningkatkan sistem kekebalan karena memicu pertahanan alami tubuh terhadap bakteri, kuman, dan virus.

3. Suasana hati yang baik

Seks melepaskan dopamin (hormon bahagia) yang berarti Anda tidak hanya akan berada dalam suasana hati yang lebih baik untuk hari yang akan datang, tetapi kognisi Anda akan meningkat, yang berarti fokus yang lebih baik.

4. Lebih dekat dengan pasangan

Jika Anda dan pasangan sangat sibuk bahkan saat pagi menjelang bekerja, seks pada pagi hari bisa menjadi cara bagus untuk menyatukan Anda berdua. Hal ini karena seks melepaskan hormon oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon cinta.

5. Pereda stres yang hebat

Persiapkan diri Anda secara mental dengan berhubungan seks. Sebuah studi pada  2010 menemukan bahwa aktivitas yang menyenangkan dapat mengurangi kadar hormon stres. Artinya, berhubungan seks dan orgasme membuat Anda lebih tenang, semangat, dan lebih bahagia pada hari itu.

6. Sebagai bentuk olahraga

Tahukah Anda bahwa seks membakar sekitar lima kalori per menit? Ini setara dengan jalan cepat.

7. Merasa segar

Jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi, kami dapat memahami mengapa Anda mungkin tidak menganggap seks pada pagi hari menarik. Tetapi tahukah Anda bahwa pada pagi hari, tubuh sudah siap untuk berhubungan seks meskipun Anda masih merasa pening?

Pada pagi hari, kadar estrogen dan testosteron berada pada puncaknya. Menurut sebuah penelitian pada 2013, libido dipengaruhi oleh kadar hormon. Jadi semakin tinggi kadarnya, Anda akan merasa semakin segar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement