Senin 26 Sep 2022 17:29 WIB

Pakar: Batuk Kronis Berkepanjangan Jadi Indikasi Long Covid-19

Sebanyak 33 persen penyintas di Indonesia alami Long Covid-19.

Batuk kronik sampai beberapa bulan dapat saja terjadi pada sebagian pasien Long Covid-19 atau Covid-19 berkepanjangan.
Foto: Flickr
Batuk kronik sampai beberapa bulan dapat saja terjadi pada sebagian pasien Long Covid-19 atau Covid-19 berkepanjangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan, batuk kronik berkepanjangan hingga beberapa bulan dapat mengindikasikan seorang penyintas mengalami Long Covid-19. Mereka sehat, katanya, tidak mengalami batuk dalam waktu lama.

"Batuk kronik sampai beberapa bulan dapat saja terjadi pada sebagian pasien Long Covid-19 atau Covid-19 berkepanjangan," kata Tjandra Yoga Aditama yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Baca Juga

Menurut Tjandra yang juga Guru Besar Paru Universitas Indonesia, batuk pada dasarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh yang menunjukkan ada gangguan di paru dan saluran napas. "Adalah salah, kalau ada yang menyebut batuk biasa. Semua batuk itu luar biasa. Orang yang sepenuhnya sehat tidaklah batuk," katanya.

Menurut dia, keluhan batuk, apalagi kronik, menunjukkan ada masalah kesehatan di paru dan saluran pernapasan. Kondisi tersebut perlu segera diketahui penyebabnya dan ditangani dengan baik agar tidak jadi masalah berkepanjangan.

Tjandra menjelaskan, batuk kronik adalah batuk yang terjadi lebih dari delapan pekan, batuk akut kalau terjadi sampai tiga pekan, sementara batuk yang dialami antara tiga sampai delapan pekan disebut batuk sub-akut. "Jadi, penyebutan batuk akut atau kronik adalah sesuai dengan lamanya keluhan atau gejala, bukan karena berat ringannya gejala," katanya.

Ia mengatakan, sebagian besar batuk kronik dapat ditangani dengan menghindari faktor risiko seperti berhenti merokok, menghindari polusi udara, dan menghindari alergi tertentu. "Kalau memang dengan menghindari faktor risiko, batuk kronik masih saja terjadi, maka perlu ditangani sesuai penyakitnya, bisa asma bronkial atau penyakit yang berhubungan, penyakit paru obstruktif kronik, infeksi virus atau bakteri, penyakit paru interstitial, sampai ke kemungkinan kanker paru," ujarnya.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril melaporkan sekitar 33 persen pasien Covid-19 di Indonesia mengalami Long Covid-19. Gejalanya masih muncul, meski pasien sudah dinyatakan sembuh.

"Long Covid-19 itu sebenarnya istilah klinis bagi seseorang yang syndromic dan pasien sudah tidak positif lagi, PCR negatif. Di Indonesia, ada datanya sekitar 33 persen Long Covid-19, dan itu gangguan di saluran pernapasan paling utama," katanya.

Selain di saluran pernapasan, kata Syahril, Long Covid-19 juga bisa terjadi pada saluran cerna. Kondisi itu umumnya terjadi setelah infeksi Covid-19 selesai dan akan menetap dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Ini berkelanjutan. Pasien selesai Covid-19 atau selesai dirawat tidak lantas hilang gejalanya. Long Covid-19 akan ada dalam waktu yang cukup lama, sekitar 3 hingga 6 bulan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement