Kamis 25 Aug 2022 17:14 WIB

Otak Menyusut-Menua Lebih Cepat Kalau Jantung Sudah tak Sehat di Usia 30-an

Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan otak adalah kondisi kesehatan jantung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan di usia 30-an (ilustrasi). Studi terbarui menemukan bahwa umur otak pada orang-orang yang sebaya bisa sangat bervariasi. Kesehatan jantungnya turut memengaruhi kesehatan otak.
Foto:

Mengenal Alzheimer

Alzheimer merupakan sebuah penyakit di mana ada penumpukan protein amyloid beta pada otak. Kondisi tersebut lalu menyebabkan terbentuknya plak. Plak-plak ini kemudian dapat menyebabkan putusnya hubungan antara sel-sel saraf di otak, kematian sel-sel tersebut, dan rusaknya jaringan otak.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Penderita Alzheimer juga memiliki beberapa zat kimia kunci di otak dalam jumlah yang lebih rendah. Padahal, zat-zat kimia tersebut berperan dalam mengirimkan pesan-pesan. Kekurangan zat-zat kimia ini membuat otak tak mampu memproses pesan tertentu seperti sebelumnya.

Sejauh ini, belum ada terapi yang bisa menyembuhkan Alzheimer. Akan tetapi, beberapa terapi bisa membantu meningkatkan zat-zat kimia yang berperan dalam memproses pesan tersebut.

Beberapa terapi juga dapat meredakan sebagian gejala Alzheimer. Namun, penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang progresif. Hal ini membuat pasien akan mengalami lebih banyak gejala dan perburukan gejala seiring waktu.

Mulanya, gejala Alzheimer mungkin tidak terlalu jelas. Akan tetapi, seiring waktu, gejala yang muncul bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Meski ada beberapa gejala umum yang kerap terjadi, tiap penderita Alzheimer bisa mengalami gejala yang berbeda.

Terlepas dari itu, tanda paling awal yang kerap muncul pada Alzheimer adalah masalah daya ingat. Hal ini bisa ditandai dengan sering kehilangan benda yang sering dipakai seperti kacamata atau kunci, sulit menemukan kata yang sesuai saat berbincang, melupakan percakapan yang baru terjadi, tersasar di lingkungan yang familiar, atau melupakan janji atau momen perayaan penting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement