Senin 02 May 2022 10:30 WIB

5 Jenis Makanan Sarapan untuk Halau Lemak Perut

Lemak perut termasuk lemak yang sangat sulit untuk dikurangi.

Pria obesitas (Ilustrasi). Perubahan pola makan dan gaya hidup sehat bisa membantu mengecilkan kadar lemak perut, sekaligus meningkatkan kesehatan Anda.
Foto:

Makanan fermentasi

Makanan fermentasi yang cenderung memiliki cita rasa asam dan aroma yang khas seringkali dihindari banyak orang. Kendati demikian, makanan fermentasi seperti yoghurt, kimchi, kefir, nato (kedelai fermentasi) hingga asinan kubis (sauerkraut), memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi lemak perut bila dikonsumsi saat sarapan.

"Makanan fermentasi tersedia dalam berbagai bentuk dan dikemas dengan bakteri baik yang meningkatkan kesehatan usus," kata ahli diet dan nutrisi terdaftar Allison Tallman.

Bila sauerkraut, nato atau kimchi terlalu asam dan beraroma bagi Anda, cobalah menu sarapan fermentasi yang jauh lebih mudah seperti semangkuk yoghurt yang ditambah pugasan seperti buah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Ikan salmon

Salmon adalah sumber lemak sehat lain yang lezat yang dapat Anda gunakan untuk memulai hari Anda. Salmon adalah jenis lemak sehat yang dapat mengurangi lemak visceral.

"Salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin D, dan zat besi, dan nutrisi tingkat tinggi ini dikaitkan dengan kandungan lemak visceral yang lebih rendah," kata Tallman.

Konsumsi salmon panggang dengan roti gandum untuk sarapan, ditambah buah sebagai pencuci mulut, akan menjadi menu sarapan super bagi Anda yang ingin merasa kenyang, tanpa begah. Selain itu ada bonus nutrisi yang mampu mengurangi jumlah lemak visceral.

Penting untuk melengkapi sarapan Anda dan memasukkan beberapa protein dan lemak sehat, serta beberaoa potong buah jika memungkinkan. Anda bisa membuat semangkuk oatmeal dan memasukkan buah dengan selai kacang favorit, atau Anda bisa membuat telur dadar dengan roti gandum dan makan secangkir buah di sampingnya.

Mulailah hidup sehat dari apa yang Anda konsumsi pada pagi hari. Selain itu, untuk mempermudah Anda dalam mengurangi kadar lemak visceral, cobalah untuk mengurangi kudapan tinggi lemak, gula dan garam seperti keripik, biskuit, kue-kue manis, hingga karbohidrat cair seperti minuman kemasan tinggi lemak dan gula.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement