Kamis 11 Apr 2024 08:28 WIB

8 Faktor Dasar yang Perlu Diperhatikan untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat

Menjalani gaya hidup sehat tidak selalu rumit, cukup perhatikan 8 prinsip dasar ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Lansia olahraga (ilustrasi). Menjalani gaya hidup sehat tidak selalu rumit, cukup dengan memperhatikan delapan prinsip dasar berikut ini.
Foto: www.maxpixel.com
Lansia olahraga (ilustrasi). Menjalani gaya hidup sehat tidak selalu rumit, cukup dengan memperhatikan delapan prinsip dasar berikut ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengambil tindakan proaktif dalam memilih gaya hidup yang lebih sehat sangat bermanfaat untuk kondisi kesehatan jangka panjang. Bagaimanapun, seseorang bertanggung jawab untuk menjaga kebugaran tubuhnya sendiri. 

Kabar baiknya, tidak perlu hal muluk-muluk guna mencapai kesehatan yang baik. Menjalani gaya hidup sehat tidak selalu rumit, cukup dengan memperhatikan delapan prinsip dasar berikut, dikutip dari laman Newham Voices, Rabu (10/4/2024):

Baca Juga

1. Nutrisi

Nutrisi menjadi prinsip yang sangat krusial untuk menjaga kesehatan. Bukan hal sepele jika banyak pakar gizi mengingatkan pentingnya asupan gizi seimbang. Setiap harinya, seseorang harus menyantap beragam makanan sehat, termasuk buah-buahan dan sayuran.

2. Aktivitas fisik

Bergerak aktif dan berolahraga termasuk dalam gaya hidup sehat. Hal sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar rumah atau menikmati waktu senggang di taman kota mungkin terkesan sepele, tapi kegiatan itu dapat menjadi momen healing bagi seseorang.

3. Minum

Air sangat penting bagi manusia, mengingat sekitar 60 persen dari tubuh adalah cairan. Sangat direkomendasikan minum air putih dalam jumlah cukup sesuai kebutuhan setiap hari. Pilih air putih atau minuman sehat lain, alih-alih minuman ringan dan minuman asam.

4. Sinar matahari

Paparan sinar matahari memberikan asupan vitamin D yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Dapatkan manfaat itu dengan menghabiskan waktu di luar ruangan di pagi hari. Namun, tetap perlu waspada dengan radiasi UV berlebihan yang berbahaya.

5. Penguasaan diri

Moderasi dan pengendalian diri sangat penting dalam semua aspek kehidupan. Hindari konsumsi zat-zat dan perilaku yang berbahaya seperti makan berlebihan, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, maupun perilaku adiktif lainnya.

6. Pernapasan

Menarik napas dalam-dalam dapat menyegarkan secara fisik dan mental. Ada baiknya selalu "sadar" setiap kali bernapas. Sediakan juga ventilasi yang baik di rumah dan kantor, serta letakkan beberapa jenis tanaman yang dapat menjernihkan udara.

7. Istirahat 

Waktu istirahat yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi tubuh untuk melakukan perbaikan dan peremajaan. Optimalkan lingkungan tidur dengan menjaga kamar tidur tenang, sejuk, dan bebas dari ‘cahaya biru’ dari perangkat elektronik.  

8. Spiritualitas

Memupuk aspek spiritualitas dapat memberikan dukungan emosional dan kekuatan batin. Temukan praktik yang membuat diri nyaman seperti berdoa, meditasi, perhatian, atau berhubungan dengan orang-orang yang berpikiran sama.

Perlu diingat bahwa perjalanan kesehatan setiap individu bersifat unik. Karenanya, ada baiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran terkait gaya hidup positif dan perawatan kesehatan yang dipersonalisasi bila diperlukan.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement