Kamis 07 Apr 2022 17:17 WIB

10 Makanan Terbaik Bantu Kurangi Lemak Perut

Makanan tertentu yang tingkatkan rasa kenyang bisa bantu kurangi lemak perut.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Makanan tertentu yang tingkatkan rasa kenyang bisa bantu kurangi lemak perut.
Foto: Flickr
Makanan tertentu yang tingkatkan rasa kenyang bisa bantu kurangi lemak perut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang mengeluhkan kelebihan lemak di sekitar perut. Ahli diet terdaftar dan pemilik Stirlist, Amber Pankonin, menjelaskan, lemak visceral adalah jenis yang mengelilingi organ vital di perut.

“Lemak visceral dalam jumlah yang sehat diperlukan untuk melindungi organ vital dan menyediakan isolasi,” kata Pankonin dilansir dari Parade Magazine, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga

Namun, terlalu banyak lemak visceral, terutama di perut, dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan dan penyakit. "Ini paling berbahaya di daerah perut, dengan jumlah yang lebih besar adalah risiko yang lebih besar untuk diabetes, strok, alzheimer, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung," ujar ahli diet terdaftar Jonathan Valdez, sekaligus pemilik Genki Nutrition dan juru bicara New York State Akademy of Nutrition and Dietetics.

Selain diet, Valdez mencatat olahraga, manajemen stres, genetika, dan tidur  tepat itu semuanya memainkan peran penting dalam mengelola lemak visceral di daerah perut. Meskipun tidak ada satu makanan yang dapat menghilangkan lemak visceral, tetapi ada makanan tertentu yang dapat membantu mengurangi lemak visceral.

“Jika Anda ingin mengurangi lemak visceral melalui penurunan berat badan, pilihlah makanan yang mengandung serat, lemak sehat, dan protein,” kata Pankonin.

Dia menjelaskan, nutrisi dari makanan ini dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, yang sangat penting dalam hal pengendalian nafsu makan dan penurunan berat badan. Berikut 10 makanan terbaik yang dapat membantu mengurangi lemak visceral.

 

1. Telur

Pankonin menjelaskan telur memiliki kalori yang rencah, tetapi tinggi protein dan nutrisi penting lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika telur dikonsumsi saat sarapan, makanan ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

“Makanan berprotein seperti telur dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, yang mungkin membantu Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari,” ujar Pankonin.

 

2. Buah

Valdez mejelaskan buah mengandung serat yang membantu rasa kenyang, juga rendah kalori. Asupan kalori keseluruhan yang lebih rendah tidak akan menambah berat badan yang tidak diinginkan dari asupan kalori yang berlebihan.

“Buah-buahan itu istimewa dan dapat membantu keinginan manis yang dapat mengakibatkan asupan makanan olahan yang berlebihan,” kata Valdez.

 

3. Kacang-kacangan

Kacang telah terbukti membantu mengurangi rasa lapar dan membantu mencegah lonjakan gula darah. "Ini bisa sangat membantu mengontrol nafsu makan, terutama ketika tujuannya adalah mengurangi lemak perut,” ujar Pankonin.

 

4. Air

Apakah Anda minum cukup cairan? Jika tidak, Anda mungkin mengira sedang lapar. "Anda harus minum sekitar enam sampai delapan gelas cairan, atau setidaknya cukup, sehingga urin berwarna kuning pucat di pagi hari saat buang air kecil,” kata Valdez.

 

5. Ikan

Ikan mengandung protein dan asam lemak esensial yang menyehatkan jantung, yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. “Baik protein dan lemak sangat penting untuk menurunkan berat badan karena dapat membantu Anda kenyang lebih lama,” ujar Pankonin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement