Senin 25 Apr 2022 15:07 WIB

Makan Tiga Kali Sehari, Apakah Sudah Benar Jadi Pola Makan Sehat?

Selama ini anggapan makan tiga kali sehari disebut sebagai pola makan sehat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Selama ini anggapan makan tiga kali sehari disebut sebagai pola makan sehat.
Foto: www.freepik.com.
Selama ini anggapan makan tiga kali sehari disebut sebagai pola makan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini, anggapan bahwa makan dalam sehari harus tiga kali dan pada jam yang tepat jauh lebih sehat. Kemudian, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Tetapi, apakah itu semua adalah cara makan yang paling sehat?

Sebelum mempertimbangkan seberapa sering kita harus makan, para ilmuwan justru mendesak kita untuk mempertimbangkan dulu kapan waktu terlarang untuk makan. Puasa intermiten atau membatasi asupan makanan ke jendela delapan jam, menjadi area penelitian yang sangat besar.

Baca Juga

“Memberi tubuh kita setidaknya 12 jam sehari tanpa makanan, memungkinkan sistem pencernaan kita untuk beristirahat,” ungkap peneliti klinis di Salk Institute for Biological Studies California yang juga penulis makalah 2019 berjudul "When to Eat", Emily Manoogian, dilansir dari BBC, Senin (25/4/2022).

Seorang profesor di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Universitas Wisconsin, Rozalyn Anderson, telah mempelajari manfaat pembatasan kalori, yang dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih rendah dalam tubuh. Memiliki periode puasa setiap hari bisa menuai beberapa manfaat ini. Puasa menempatkan tubuh dalam keadaan yang berbeda, di mana ia lebih siap untuk memperbaiki dan mengawasi kerusakan, dan membersihkan protein yang salah dicerna.

Protein yang gagal dicerna adalah versi yang salah dari protein biasa, yang merupakan molekul yang melakukan sejumlah besar pekerjaan penting dalam tubuh. Protein yang salah cerna itu telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit.

Puasa intermiten lebih sejalan dengan bagaimana tubuh kita berevolusi. Anderson mengatakan puasa intermiten memberi tubuh istirahat, sehingga dapat menyimpan makanan dan mendapatkan energi ke tempat yang dibutuhkan, serta memicu mekanisme untuk melepaskan energi dari simpanan tubuh kita.

Beberapa ahli berpendapat bahwa yang terbaik adalah makan satu kali sehari. Salah seorang profesor di Kolese Ekologi Manusia Universitas Cornell, New York, David Levitsky, menerapkan hal itu pada dirinya sendiri.

“Ada banyak data yang menunjukkan bahwa, jika saya menunjukkan makanan atau gambar makanan, kemungkinan besar kita akan makan. Dan semakin sering ada makanan di depan saya, semakin banyak saya akan makan hari itu,” kata dia.

Sepanjang sejarah, kita makan satu kali sehari, termasuk orang Romawi Kuno yang makan satu kali pada tengah hari. Bukankah satu kali makan sehari membuat kita merasa lapar? Belum tentu, menurut Levitsky, rasa lapar sering kali merupakan sensasi psikologis.

"Ketika jam menunjukkan pukul 12 malam, kita mungkin merasa ingin makan, atau kita mungkin dikondisikan untuk sarapan di pagi hari, tetapi ini tidak masuk akal. Data menunjukkan bahwa jika kita tidak sarapan, kita akan makan lebih sedikit kalori. secara keseluruhan hari itu,” ungkap dia.

Akan tetapi, Manoogan tidak menganjurkan untuk makan satu kali sehari, karena ini dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah kita saat kita tidak makan (yang dikenal sebagai glukosa puasa). Kadar glukosa puasa yang tinggi dalam jangka waktu yang lama merupakan faktor risiko diabetes tipe 2.

Menjaga kadar glukosa darah turun membutuhkan makan lebih teratur, karena ini mencegah tubuh berpikir itu kelaparan dan melepaskan lebih banyak glukosa ketika kita akhirnya makan sebagai responsnya. Sebaliknya, makan dua hingga tiga kali sehari adalah yang terbaik, dengan sebagian besar kalori dikonsumsi di awal hari. Ini karena makan larut malam dikaitkan dengan penyakit kardio-metabolik, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

“Jika kita makan sebagian besar makanan lebih awal, tubuh dapat menggunakan energi sepanjang hari, daripada disimpan dalam sistem sebagai lemak,” kata Manoogan.

Jadi, menurut ilmu pengetahuan, cara makan yang paling sehat sepanjang hari adalah makan dua atau tiga kali, dengan jendela puasa yang panjang semalaman. Kemudian tidak makan terlalu pagi atau terlalu sore, dan mengonsumsi lebih banyak kalori di awal hari. Apakah ini realistis?

Manoogan mengatakan, sebaiknya kita tidak menentukan waktu terbaik untuk makan. Hal ini bisa menyulitkan orang yang memiliki tanggung jawab dan komitmen waktu yang tidak teratur, seperti mereka yang bekerja shift malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement