Rabu 23 Mar 2022 16:21 WIB

5 Tips dari Ahli Fertilitas Buat yang Sulit Dapat Momongan

Kesulitan memiliki momongan juga dapat diatasi dengan memperbaiki kondisi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil memperlihatkan foto USG janinnya. Tidak semua pasangan suami-istri bisa mendapatkan momongan dengan mudah.
Foto: Prayogi/Republika
Ibu hamil memperlihatkan foto USG janinnya. Tidak semua pasangan suami-istri bisa mendapatkan momongan dengan mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tidak semua pasangan suami-istri (pasutri) bisa mendapatkan momongan dengan mudah. Bagi yang mengalami kesulitan, ahli fertilitas mengatakan, kehamilan yang sebetulnya adalah proses alamiah sesungguhnya bisa diupayakan.

Bagi yang mengalami masalah kesehatan tertentu, maka bisa diberikan terapi atau penanganan sesuai kondisinya. Dr Yassin Bintang SpOG-KFER mengatakan, pasutri harus mempersiapkan diri karena hasil pembuahan embrio harus datang dari sel telur maupun sperma yang sehat.

Baca Juga

Sel telur dan sperma sehat tentunya datang dari tubuh yang sehat. Penting menjauhi berbagai gaya hidup yang dapat merusak, seperti halnya merokok maupun vape (rokok elektrik), memperhatikan kondisi berat badan, dan kondisi kesehatan lainya.

"Obesitas atau kurus, apakah konsumsi gizi seimbang? Perlu dilihat gaya hidup lain apakah kerja di tempat yang menyebabkan testisnya terpapar suhu panas terus menerus atau zat kimia?" kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan itu dalam acara bersama Orami, Rabu (23/3/2022).

 

Berikut lima tips dari dr Yassin bagi pasangan yang sedang berusaha memiliki keturunan:

1. Atur gaya hidup sehat

Apabila mengalami obesitas, misalnya, pasutri perlu merencanakan diet, hidup sehat, dan berolahraga. Saat ini, sudah banyak kegiatan maupun informasi yang bisa diakses baik daring maupun luring.

"Tergantung mau atau tidak menyediakan waktu," kata dr Yassin.

2. Pola makan seimbang

Proses pembentukan sel telur dan sperma yang sehat sangat dipengaruhi hormonal dan metabolik. Gizi seimbang menjadi sangat penting dalam proses kehamilan.

Kehamilan sangat dipengaruhi berbagai mikronutrien atau berbagai vitamin dan mineral. Sering kali calon ibu diberi vitamin, khususnya asam folat, oleh dokter guna mendukung pematangan sel telur.

Zat bermanfaat lainnya bisa didapatkan dari sayur dan buah. Jadi, sangat penting mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah secara bervariasi dan dibiasakan sehingga asupan mikronutrien terpenuhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement