Senin 14 Feb 2022 05:23 WIB

Makan Kayak Begini Dapat Tingkatkan Risiko Serangan Jantung 4 Kali Lipat

Menyantap makanan seperti ini dapat tingkatkan risiko serangan jantung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Makan berat (ilustrasi). Risiko serangan jantung meningkat empat kali lipat setelah makan makanan berat.
Foto:

Temuan itu tampaknya menunjukkan makanan berat dapat bertindak sebagai pemicu, sama seperti aktivitas fisik yang ekstrem atau ledakan kemarahan. Penulis utama studi tersebut dan seorang rekan ahli kardiologi di Brigham and Women's Hospital di Boston, Francisco Lopez-Jimenez , menunjukkan ada perbedaan jelas antara faktor risiko yang berkembang sepanjang hidup dan yang bertindak sebagai pemicu tiba-tiba untuk serangan jantung.

photo
Infografis Diet untuk Jantung Sehat - (republika.co.id)

Para peneliti menyoroti beberapa cara yang membuat makanan berat dapat berdampak buruk pada jantung. Mereka berspekulasi, makanan berlemak tinggi dapat merusak fungsi endotelium yang merupakan lapisan dalam arteri.

Selama proses pencernaan, makanan melepaskan hormon ke dalam aliran darah. Proses ini membutuhkan sejumlah besar energi dan memberi tekanan tambahan pada jantung.

Badan kesehatan Northwestern Medicine menjelaskan, selain berkontribusi pada kadar kolesterol lebih tinggi, makanan berat dapat meningkatkan risiko serangan jantung dengan memengaruhi tekanan darah. Badan kesehatan itu mencatat bahwa perubahan aliran darah dan peningkatan denyut jantung serta peningkatan tekanan darah setelah makan berat membawa banyak tekanan pada jantung.

Menyantap makanan berat juga dapat menyebabkan lonjakan tajam insulin hingga memengaruhi lapisan pembuluh yang menuju ke jantung. Pendekatan yang paling logis untuk mencegah risiko suatu peristiwa adalah mengobati semua faktor risiko predisposisi, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Menghindari merokok dan aktif secara fisik setiap hari juga membantu menjaga kesehatan jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement