Selasa 11 Jan 2022 07:37 WIB

Studi: Diet Ala Barat Jadi Sebab Sakit Autoimun

Dua pakar Inggris meneliti pengaruh pola makan Barat terhadap penyakit autoimun.

Dua pakar Inggris meneliti pengaruh pola makan Barat terhadap penyakit autoimun.
Foto:

"Ketika saya mulai melakukan penelitian, kami tahu sekitar setengah lusin varian DNA yang terlibat dalam memicu penyakit radang usus. Sekarang kami tahu lebih dari 250," kata Lee, dikutip dari laman The Guardian, Selasa (11/1/2022).

Lee dan Vinuesa mencoba mengungkap jalur genetik yang berbeda pada pengidap jenis autoimun yang berlainan pula. Hal itu penting untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat bagi pasien.

Sudah banyak terapi baru yang berpotensi berguna dan terus dikembangkan, namun biasanya profesional medis tidak tahu harus memberikan terapi apa untuk pasien mana. Pasalnya, belum diketahui versi penyakit autoimun yang dimiliki.

"Itu sekarang menjadi tujuan utama penelitian autoimun. Kami harus belajar bagaimana mengelompokkan pasien sehingga kami dapat memberi mereka terapi yang tepat," tutur Lee.

Dia menekankan pentingnya menemukan perawatan dan obat-obatan yang efektif bagi pasien karena penyebaran penyakit autoimun kian masif. Saat ini, belum ada obat untuk penyakit autoimun, yang bisa menyerang segala usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement