Sabtu 11 Dec 2021 01:08 WIB

Kenali Jam Tidur Optimal untuk Kesehatan Jantung

Studi ini juga menemukan bahwa efek waktu tidur sangat signifikan pada wanita.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi tidur. Waktu tidur berpengaruh terhadap kesehatan jantung.
Foto:

Selain soal tidur, kebiasaan makan juga mempengaruhi kesehatan jantung. Dilansir di laman Eat This Not That, Kamis (9/12), ada kebiasaan makan yang harus dihindari agar jantung sehat.

Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Cardiovascular Development and Disease menyebutkan melewatkan sarapan meningkatkan risiko sakit jantung. Dari 199.634 peserta dewasa yang belum didiagnosis dengan penyakit kardiovaskular pada awal periode studi, mereka yang tidak sarapan secara teratur memiliki 21 persen risiko lebih tinggi mengalami gejala akut akibat penyakit kardiovaskular (seperti serangan jantung dan angina) atau kematian akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang sarapan secara teratur.

Sebuah studi 2020 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan makan larut malam juga berpengaruh kepada kesehatan jantung. Di antara 7.771 peserta dewasa tanpa kanker, diabetes, atau penyakit jantung pada awal masa studi, individu yang melaporkan secara teratur makan di malam hari telah meningkat kekakuan arteri. Ini telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement