Sabtu 11 Dec 2021 01:08 WIB

Kenali Jam Tidur Optimal untuk Kesehatan Jantung

Studi ini juga menemukan bahwa efek waktu tidur sangat signifikan pada wanita.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi tidur. Waktu tidur berpengaruh terhadap kesehatan jantung.
Foto:

Sementara itu, Dokter Melissa Lem dari Rumah Sakit Vancouver, Kanada mengatakan tidur pukul 22.00 sampai 23.00 adalah waktu tidur yang optimal karena jam internal di tubuh. 

"Jika Anda bangun terlalu dini atau terlalu terlambat, Anda mungkin tidak melihat cahaya pagi pada waktu yang tepat yang sangat penting untuk mengatur ulang jam tubuh Anda atau ritme sirkadian Anda," kata dia.

Ada banyak bukti juga yang menunjukkan bahwa tidur yang tidak sehat terkait dengan kondisi kardiovaskular lainnya, seperti obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi. Waktu tidur yang lebih lambat meningkatkan risiko indeks massa tubuh yang tinggi. Semua hal ini dapat memperburuk kesehatan jantung.

"Konsesus ilmiah umum mengatakan bahwa tidur antara tujuh hingga sembilan jam per malam adalah ideal. Tidur kurang dari tujuh jam akan terkait dengan semua jenis masalah kesehatan yang berbeda seperti depresi, penyakit jantung, stroke dan diabetes," kata dia.

Ia menambahkan jika Anda tidur lebih dari sembilan jam per malam, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda memiliki beberapa penyakit yang membuat Anda lelah yang juga dapat memperpendek harapan hidup Anda.

"Kuncinya adalah memprioritaskan tidur, menambahkan bahwa itu sama pentingnya dengan makan dengan baik dan berolahraga. Musim dingin atau musim liburan, orang harus mendapatkan banyak sinar matahari dan menghabiskan waktu di luar rumah sebanyak mungkin untuk membantu mengatur ulang jam tubuh Anda," kata dia.

Ia mengingatkan masyarakat juga harus menghindari minum kopi dan alkohol di malam hari. "Hindari bermain ponsel setidaknya satu jam sebelum tidur karena handphone itu benar-benar menipu otak Anda untuk berpikir tidurnya menjadi terlalu malam," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement