Sabtu 20 Nov 2021 09:00 WIB

4 Vitamin dan Nutrisi yang Dibutuhkan Semua Usia

Empat jenis vitamin dan nutrisi dibutuhkan tubuh manusia selama bertahun-tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Empat jenis vitamin dan nutrisi dibutuhkan tubuh manusia selama bertahun-tahun.
Foto:

Zat besi

Zat besi dibutuhkan sepanjang masa hidup, dan sangat penting selama tahun-tahun menstruasi ketika wanita mengalami kehilangan zat besi setiap bulannya Dr. Stokes mengatakan mineral ini penting untuk membuat hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Jika tidak mendapatkan zat besi yang cukup, orang bisa merasa lelah dan kekurangan energi. Ada dua jenis besi yang berbeda. Zat besi heme, yang lebih mudah diserap tubuh, ditemukan dalam sumber hewani seperti tiram, daging sapi, kalkun, dan udang. 

Zat besi non-heme sedikit lebih sulit diserap dan ditemukan dalam kacang-kacangan, lentil, tahu, dan sayuran hijau seperti kangkung. Wanita membutuhkan 18 miligram zat besi sehari dan 27 miligram jika mereka hamil. Setelah usia 50, jumlah itu turun menjadi delapanmiligram. 

 

Asam lemak omega-3

Sulit untuk menemukan area tubuh yang tidak mendapat manfaat dari makan lebih banyak asam lemak ini. Bagian itu seperti otak, jantung, paru-paru, sistem kekebalan dan lainnya. Makan cukup omega-3 juga penting selama masa kehamilan untuk perkembangan otak bayi yang sehat.

Ada tiga jenis omega-3: ALA (ditemukan dalam biji rami, kedelai, dan minyak canola). DHA dan EPA, keduanya ditemukan pada ikan seperti salmon dan makanan laut. Tidak ada jumlah spesifik yang direkomendasikan untuk DHA atau EPA, tetapi wanita harus mencoba mendapatkan 1,1 gram ALA sehari, 1,3 gram jika menyusui dan 1,4 gram saat hamil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement