Rabu 03 Nov 2021 00:26 WIB

4 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting dalam menunjang kondisi tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Vitamin D memiliki peran penting dalam menunjang kondisi tubuh.
Foto: StockSnap
Vitamin D memiliki peran penting dalam menunjang kondisi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paparan sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang sangat penting. Akan tetapi, musim hujan dan cuaca yang buruk dapat membuat sebagian orang kurang mendapatkan paparan sinar matahari.

Padahal, vitamin D memiliki peran penting dalam menunjang kondisi tubuh. Beberapa manfaat dari vitamin D adalah membantu menjaga tulang, gigi, dan otot dalam kondisi baik, serta melindungi sistem imun.

Baca Juga

Ketika cuaca tak mendukung atau kondisi lain memicu kekurangan vitamin D, sebagian orang biasanya akan memilih konsumsi suplemen sebagai solusi. Hal ini kerap dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di negara empat musim ketika musim dingin melanda.

Selain dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin D, konsumsi suplemen vitamin D juga tampak memiliki beberapa keunggulan lain. Studi yang dilakukan oleh Loyola University Health System pada 2013 menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin D dapat membantu menurunkan tekanan darah dan berat badan serta meningkatkan suasana hati pada perempuan penderita diabetes tipe 2 yang menunjukkan tanda depresi.

 

Nutrition Communications Manager untuk British Nutrition Foundation Bridget Benelam mengatakan ada empat cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan asupan vitamin D di kala paparan sinar matahari berkurang. Berikut ini adalah keempat cara tersebut, seperti dilansir Fit and Well, Selasa (2/11).

Suplemen

Konsumsi suplemen vitamin D biasa atau dalam bentuk multivitamin boleh dilakukan. Pilih jadwal mengonsumsi suplemen yang paling praktis dan mudah diingat. Misalnya, mengonsumsi suplemen sebelum menyikat gigi setiap hari.

Ikan Berlemak

Salmon, makarel, dan sarden merupakan jenis ikan berlemak yang diketahui kaya akan vitamin D. Jenis ikan ini juga mengandung asam lemak omega 3, protein, serta vitamin dan mineral lain. Rekomendasi konsumsi ikan adalah dua porsi per pekan di mana salah satu dari porsi tersebut merupakan ikan berlemak.

Telur

Selain kaya akan protein, telur juga merupakan sumber vitamin D yang tak boleh diremehkan. Karena mudah diolah, telur bisa disajikan dalam berbagai bentuk hidangan seperti omelet hingga frittatas yang dikombinasikan dengan sayur-sayuran seperti kacang polong, paprika, bayam, serta jagung manis.

Makanan Terfortifikasi

Ada beragam jenis makanan yang kini telah diperkaya dengan vitamin D. Beberapa contohnya adalah sereal, produk susu, serta susu berbasis tumbuhan. Cek label kemasan untuk mengetahui apakah produk makanan atau minuman yang hendak dibeli telah difortifikasi dengan vitamin D.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement