Kamis 09 Sep 2021 22:32 WIB

Kiat Kembangkan Ide Hingga Jadi Proyek Produksi Film

Fim bukanlah industri murah sehingga banyak langkah yang harus diikuti.

Film (ilustrasi)
Foto:

Dia mengatakan realisasi cerita itu pada saat yang sama harus masuk akal secara komersial dalam konteks ekonomi. "Para pengembang cerita akan memastikan bahwa penonton untuk cerita mereka diidentifikasi, dipahami, dan dijangkau," ujarnya.

Ia pun membagi tahap pengembangan menjadi beberapa aspek. Pertama adalah aspek kreativitas yang meliputi tim kreatif, genre film, dan segmentasi penonton.

Lebih lanjut, adalah elemen hukum/legal yang nantinya terkait dengan akses ke narasumber, pemain, hingga pencarian lokasi syuting. Dalam elemen ini, juga termasuk persetujuan dari tim dan pemeran, hingga kemungkinan untuk melakukan co-produksi dengan berbagai pihak.

Aspek selanjutnya adalah isu keuangan yang meliputi anggaran (budget), bagaimana cara menarik pihak lain untuk berproduksi bersama, serta perencanaan keuangan produksi. Hal terakhir adalah pemasaran dan distribusi film. Hal ini termasuk pitching dan pengemasan film nantinya, lalu pendistribusiannya.

"Apakah film ini nantinya lebih sesuai untuk festival internasional atau lokal, hingga mempertimbangkan pendekatan kepada penonton di setiap wilayah atau negara," papar Pastore.

 

Sementara itu, Europe on Screen (EoS) memiliki berbagai program di perhelatannya tahun ini yang dilakukan secara daring. Selain pemutaran berbagai film Eropa, penonton juga bisa menyimak diskusi film ini bersama kreator di baliknya melalui acara Film Talks yang jadwalnya bisa diakses di laman web dan media sosial resmi EoS. EoS 2021 dihelat pada 15-27 September.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement